Khasiat dan Manfaat Jahe Merah

Jahe merah dikenal dengan khasiatnya yang dapat meningkatkan gairah seks dan obat penyakit impoten/lemah syahwat.

Jahe merah yang mengandung minyak atsiri yang sangat tinggi ini memiliki ukuran rimpang kecil. Manfaat jahe merah biasa digunakan untuk membuat jamu herbal.


Bangsa arab biasa menggunakan jahe merah untuk menghangatan badan, mengatasi berbagai masalah pencernaan, melembutkan perut, dll, sedangkan bangsa cina memanfaatkan jahe merah sebagai obat tradisional untuk mengobati sakit lambung, ginjal, hingga memperbaiki fungsi limpa.

Beberapa Ramuan dan Manfaat Jahe Merah

Berikut ini beberapa ramuan dari manfaat jahe merah.
  1. Jahe Merah untuk Mengobati Batuk. Sediakan 3 rimpang jahe merah seukuran ibu jari, lalu cuci hingga bersih, kemudian rebus dalam 2 gelas air bersih. Tunggu hingga mendidih dan air yang tersisa tinggal 1 gelas. Minum air rebusan jahe tersebut sebanyak 2xsehari.
  2. Jahe Merah untuk Mengatasi Pegal-Pegal. Sediakan 2 rimpang jahe merah seukuran ibu jari dan 2 gelas susu. Cuci rimpang jahe hingga bersih, lalu bakar dan kuliti jahe tersebut. Memarkan rimpang itu lalu rebus dengan dicampur susu segar. Minum air rebusan ini 2x sehari.
  3. Jahe Merah untuk Menobati Sakit Kepala. Siapkan 3 rimpang jahe merah, kemudian cuci hingga bersih. Bakar jahe merah tersebut dan memarkan. Kemudian campur dengan sedikit madu atau gula aren dan seduh menggunakan 1 gelas air kemudian minum.