Buah bacang, yang langka

Buah bacang yang masih karabat dengan mangga ini, memiliki daging buah yang agak gatal karena getahnya. Nama lain buah ini juga disebut embacang atau mangga bacang. Orang sunda menyebutnya dengan buah limus.

buah bacang

Buah bacang memiliki warna kulit hijau, kuning, berbintik hitam. Buah bacang yang masih muda sering  dipakai untuk campuran dalam membuat sambal, dan yang setengah masak biasa dibuat untuk campuran rujak.

Jika sudah masak daging buahnya berwarna kuning beraroma harum yang khas dan getahnya agak berkurang. Daging buah bacang sangat berserat, mungkin itu sebabnya wanginya bacang jadi kurang diminati.

Namun demikian Wanginya yang khas menjadikan buah ini digemari sebagai campuran minuman atau es, walaupun masih kalah kualitas jika dibandingkan dengan kuweni.

Manfaat buah bacang

Manfaat bacang yang biasa digunakan yaitu pada pohonnya. Seperti dalam wikipedia disebutkan Kayu bacang tidak begitu baik kualitasnya, namun kadang-kadang dimanfaatkan dalam konstruksi ringan di dalam rumah.

Manfaat dari segi kesehatan, Daun tanaman bacang dapat digunakan sebagai penurun demam, dan bijinya untuk mengobati penyakit jamur, kudis dan eksim. Getahnya untuk memperdalam gambar tato tradisional.