Buah Kemang

Kemang merupakan pohon buah sejenis mangga, baunya harum menusuk dengan rasa yang masam manis. Pohon ini berkerabat dekat dan seringkali dianggap sama dengan buah binjai. Namun beberapa pakar menyarankan untuk memisahkannya dalam jenis tersendiri, Mangifera kemanga.


Sepertihalnya dengan buah binjai, kemang juga ditanam untuk diambil buahnya. Buah kemang biasa dimakan dalam kedaan segar, atau jika buah itu telah masak biasa dijadikan campuran es.


Buah kemang juga biasa dijadikan sari buah. Buah kemang yang muda disukai untuk bahan rujak. Demikian pula bijinya, yang dalam keadaan segar diiris-iris dan dimakan setelah dibumbui serta ditambah kecap. Daun kemang yang masih muda (kuncup) digunakan untuk lalap dan kerap dihidangkan di rumah-makan Sunda.

Penyebaran Kemang

Kemang menyebar dengan alami di wilayah-wilayah Sumatra, Kalimantan dan Semenanjung Malaya; dan banyak dibudidayakan di Jawa bagian barat, terutama dekat Bogor. Tumbuhan ini terutama menyebar di dataran rendah di bawah 400 m, jarang hingga 800 m dpl. Jenis ini tahan terhadap penggenangan, dan seringkali didapati tumbuh dekat tepi sungai. wikipedia.