Kesemek oh Kesemek

Advertisement
Tanaman kesemek (Diospyros kaki) yang dikenal juga dengan sebutan buah kaki ini merupakan sejenis buah-buahan. Kesemek yang disebut berasal dari RRC dan menyebar ke jepang ini, kemudian menyebar ke bagian lain Asia, dan pada masa kolonial di tahun 1800an dibawa ke Eropa selatan dan Amerika (Kalifornia). (wikipedia)

Daging buah kesemek yang berwarna merah kekuningan mempunyai rasa yang enak. Bila sudah mencoba, Anda akan menemukan perpaduan rasa legit, manis, dan segarnya.Lebih penting dari sekadar patokan rasa, sebetulnya bila dilihat segi manfaat kesemek layak disejajarkan dengan buah apel yang sebenarnya. Pakar kesehatan senantiasa menyarankan mengonsumsi apel setiap hari untuk mencegah penyakit jantung dan membantu membentuk tubuh langsing. Untuk urusan kesehatan ini, kesemek bisa menggantikan posisi apel.


Buah yang juga dikenal dengan nama oriental persimmon (Inggris) dan shi (Cina) ini memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah hebat dengan apel. Bahkan dalam hal kandungan zat tertentu, kesemek lebih unggul. Misalnya zat serat yang terdapat dalam sebutir kesemek berjumlah dua kali lebih banyak dibandingkan yang terkandung dalam sebutir apel. Tentunya sangat baik dikonsumsi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Begitu juga dengan kandungan vitamin dan mineral kesemek, lagi-lagi kesemek lebih tinggi dari buah apel.

Manfaat Kesemek untuk Kesehatan

Diktakan bahwa dengan memakan sebutir kesemek setiap hari dapat membantu mencegah pengerasan pembuluh darah. Selain itu, kesemek juga berkhasiat dapat menjaga tekanan darah agar tidak melewati ambang normal. Tepeliharanya kelenturan pembuluh darah dan stabilnya tekanan darah adalah kunci utama terpeliharanya kesehatan jantung.
Advertisement
Kesemek oh Kesemek | Najla Alliya | 5