Manfaat Buah Jambu Batu (jambu biji)

Manfaat jambu batu, atau sebagian orang menyebutnya jambu biji, adalah karena kandungan vitamin c nya yang tinggi. Sehingga jambu batu dapat bermanfaat mulai dari penangkal flu sampai dapat mencegah kanker.

Ajaib, walaupun jambu batu tidak semahal apel atau jeruk, akan tetapi jambu batu memiliki manfaat segudang. Manfaat buah jambu batu diantaranya dengan mengkonsumsi satu buah jambu sehari dapat  mengurangi resiko penyakit mulai dari flu biasa, gusi bengkak, tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes sampai kanker.

Manfaat Buah Jambu Batu atau jambu biji

Dari kandungan vitamin c, satu buah jambu batu mempunyai 165 miligram (mg) vitamin C. Dan perlu diketahui, bahwa satu jeruk hanya mengandung 69 mg saja. Jadi kandungan vitamin C pada jambu batu ini lebih tinggi daripada jeruk. Kandungan vitamin C pada jambu batu ini efektif dalam mengobati infertilitas pria.

Selain itu, jambu batu mempunyai serat makanan yang banyak dan berlimpah, sehingga sangat bagus dikonsumsi untuk anda yang mengalami sakit sembelit. Bahkan, jika anda sedang mencoba untuk menurunkan berat badan, tingginya kandungan serat pada buah jambu batu ini sangat bermanfaat.

Jambu batu dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengendalikan tekanan darah dan kolesterol. Kemampuan jambu batu untuk menurunkan tekanan darah karena adanya kandungan kalium. Kita tahu, kalium merupakan elektrolit yang penting untuk reaksi listrik dalam tubuh termasuk pada jantung.

Buah ini juga dapat mengobati pendarahan hidung dan gusi. Dan mungkin yang paling disukai oleh para orang tua, buah jambu batu juga dapat mencegah penyakit pikun dan katarak. Adanya karbohidrat kompleks dan kandungan serat yang tinggi bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

Makan satu jambu batu untuk sarapan memberikan dosis harian yang sangat dibutuhkan seperti zat besi, asam folat, kalsium, serat, protein, karbohidrat, vitamin A, B dan banyak vitamin C. Kandungan lemak total satu jambu batu sekitar 0,9 gram atau 84 kalori. Dibandingkan dengan apel, buah ini memiliki 38 persen lemak dan 42 persen kalori yang lebih sedikit.