Manfaat coklat secara psikologis

Coklat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sudah banyak penelitian dan yang membuktikan manfaat coklat. Dari sisi medis, zat antioksidan diyakini memiliki khasiat yang pastinya sudah banyak yang mengenal manfaat antioksidan.

Manfaat coklat secara psikologis

Sedangkan secara psikologis, mengkonsumsumsi coklat memilii efek yang menenangkan. Sehingga katanya coklat baik dikonsumsi untuk orang yang sedang patah hati. :). Akan tetapi, perlu diketahui bahwa beberapa produk cokelat justru dapat memberikan efek buruk bagi tubuh kita.

Dalam sebuah jurnal, dilaporkan bahwa banyak produsen coklat yang menghilangkan kandungan flavanols (Baca:Manfaat Flavonoid pada coklat pekat) karena rasanya yang pahit. Sehingga, banyak produk coklat yang beredar di pasaran saat ini hanya mengandung lemak dan gula saja. Padahal, seperti sudah diketahui, keduanya merupakan zat yang harus dibatasi konsumsinya karena merupakan salah satu musuh utama bagi kesehatan tubuh kita, khususnya bagi jantung dan pembuluh darah.

Agar didapatkan manfaat coklat secara optimal pada saat mengkonsumsi coklat, usahakan untuk menyeimbangkannya dengan mengurangi asupan makanan lainnya. Juga, usahakan tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi cokelat.