Manfaat Duku

Duku, tanaman ini berasal dari Asia Tenggara sebelah barat. Duku dikenal pula dengan nama langsat, kokosan, pisitan, celoring. Manfaat duku terutama ditanam untuk buahnya, yang biasa dimakan dalam keadaan segar.

Duku bisa diawetkan dalam bentuk sirup dan dibotolkan. Kayunya pohon duku keras, padat, berat dan awet, sehingga sering dipakai sebagai bahan perkakas dan konstruksi bangunan rumah.

duku dan manfaat duku

Berbagai Macam Manfaat Duku

Secara tradisional, manfaat duku bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit, diantaranya.

Sebagai obat cacing dan demam, Biji duku yang pahit rasanya, ditumbuk dan dicampur air. Kulit kayunya dimanfaatkan sebagai obat disentri dan malaria; dan tepung kulit kayu ini dapat dijadikan tapal untuk mengobati gigitan kalajengking.

Kulit buahnya juga digunakan sebagai obat diare; dan kulit buah yang dikeringkan, di Filipina biasa dibakar sebagai pengusir nyamuk.

Duku juga dapat dijadikan beragam sajian lezat dan nikmat, seperti untuk isi puding, campuran fruits cocktail atau sebagai bahan baku selai. Untuk selai, siapkan 1500 gr daging buah yang sudah diblender halus, 600 gr gula pasir, 100 ml air, 5 gr gelatin, 30 ml air jeruk lemon dan ½ sdt vanila essens.

Semua bahan dicampur jadi satu, panaskan hingga tekstur mengental dan warna kekuningan. Selagi panas simpan di dalam botol kaca, tutup rapat, kini Anda mempunyai selai yang lezat dan siap digunakan kapan saja.

Variasi lain yang dapat dibuat adalah puding buah. Caranya buah duku dapat diblender kemudian dicampur dengan adonan agar-agar atau dibiarkan utuh untuk isi puding. Teksturnya kenyal dengan citarasa manis, segar dan sedikit asam menjadikan puding terasa lebih istimewa dan cantik tampilanya.