MANFAAT PISANG BAGI KULIT

Advertisement
Ingin kulit halus sehalus sutra? Jawabannya gampang. Makanlah buah pisang. Kenapa? Tidak diragukan lagi, pisang merupakan buah yang penuh dengan nutrisi. Bukan hanya baik untuk kesehatan, nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam pisang pun sangat baik untuk kulit. Vitamin-vitamin seperti vitamin C dan E cukup banyak dalam buah pisang. Bahkan tidak hanya buahnya, pisang memiliki segudang manfaat, ternyata kulit pisang pun tak kalah mujarabnya, baca manfaat pisang dan kulit pisang.

Apakah Anda juga tahu bahwa manfaat pisang bagi kulit bukan hanya untuk membuat kulit menjadi halus? Penasaran? Daripada Anda penasaran, lebih baik, yuk, kita intip manfaat pisang bagi kulit cantik kita!

Menghaluskan kulit

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa pisang dapat membuat kulit Anda menjadi halus. Apa rahasianya? Vitamin E yang terkandung dalam pisanglah rahasianya. Meskipun pisang hanya mengandung 0.10 mg Vitamin E, namun hal ini ampuh membuat kulit Anda menjadi lembut. Tak hanya vitamin E yang berperan disini, vitamin lainnya dan kandungan gizi buah pisang juga ikut berperan dalam menghaluskan kulit.

Menyembuhkan luka
Luka sayatan pisau ataupun luka karena terjatuh ternyata dapat diatasi oleh pisang, lho! Pisang yang kaya akan vitamin C mampu membantu membersihkan kulit secara dalam yang terkena luka sehingga luka tidak mengalami infeksi. Tak hanya buahnya, kulitnya pun ternyata mampu menyembuhkan luka tersebut dengan cara menggosokkan kulit pisang di atas luka. Kulit pisang membantu mempercepat proses pengeringan pada luka yang basah. Selain itu, kulit pisang ini juga mampu mengurangi bahkan menghapus bekas luka tersebut.

Memberi efek relaksasi pada kulit
Antioksidan yang terkandung dari buah pisang membantu membuang dan menetralisir efek negative dari radikal bebas. Dengan cara membuat ramuan bubur pisang yang dicampurkan dengan satu sendok teh madu murni yang kemudian dioleskan pada kulit Anda. Campuran pisang dan juga madu memberikan efek relaksasi, ketenangan, serta efek pelembut pada kulit cantik Anda.

kulit halus dan cantik
Melindungi kulit dari sinar ultraviolet
Tak hanya memberikan efek relaksasi yang akan didapat kulit setelah Anda mengolesi campuran pisang dan madu tersebut. Campuran pisang dan madu tersebut melindungi kulit Anda dari jahatnya sinar ultraviolet serta melindungi kulit dari pengaruh polusi. Tak hanya itu, bahan-bahan ini juga dapat ‘mengobati’ kulit Anda yang sudah terkena efek negatif sinar ultraviolet serta polusi pada kulit Anda karena nutrisi-nutrisi yang berperan dalam melawan mereka diantaranya adalah potassium, zat besi, kalsium, dan vitamin C.

Menghilangkan sel kulit mati, kotoran, dan bakteri

Kulit pisang mengandung minyak esensial yang mampu melembutkan serta memberi nutrisi pada kulit Anda dengan cara membersihkannya dengan menggunakan kulit pisang. Kulit pisang sangat membantu membersihkan kulit secara mendalam sehingga baik sekali untuk melepaskan sel kulit mati, kotoran, hingga bakteri dalam kulit.

Menyembuhkan luka alergi makanan
Memang menyebalkan rasanya menyukai makanan namun makanan tersebut membuat kulit kita menjadi alergi. Jangan khawatir akan itu, kenyataannya, kita masih akan tetap bisa menyantap makanan favorit kita yang menyebabkan alergi pada kulit kita tersebut karena alergi dapat diatasi oleh kulit pisang. Caranya, gosokkanlah kulit pisang pada bagian yang alergi.

Menghilangkan jerawat serta keriput wajah
Kandungan vitamin C pada pisang sangat mampu mengobati wajah yang berjerawat serta mengurangi atau bahkan mnghilangkan keriput di wajah. Tidak percaya? Cobalah membuat masker pisang dengan membuat pisang menjadi seperti bubur atau, kulit pisang pun dapat digunakan menjadi masker asal dihaluskan terlebih dahulu. Setelah itu, maskeri wajah Anda dengan ramuan alami tersebut. Jerawat dan keriput pun lambat laun akan menghilang.

Nah, sudah tahu kan, manfaat pisang bagi kulit. Sekarang giliran Anda yang mencobanya di rumah.
Advertisement
MANFAAT PISANG BAGI KULIT | Najla Alliya | 5