Obat Alami Kolesterol

Kolesterol merupakan metabolit yang memiliki kandungan lemak sterol yang ada di membran sel dan didistribusikan melalui plasma darah. Kolesterol ini pun tidak memandang usia. Kolesterol ini membawa dampak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tahukah Anda bahwa kolesterol bahkan bisa menyebabkan penyakit jantung? Namun, memang dampak dan gejala kolesterol tinggi ini tidak langsung terjadi melainkan dengan jangka waktu yang cukup panjang. Oleh karena itu, sebenarnya pemeriksaan kadar kolesterol di dalam tubuh sebaiknya dilakukan sedini mungkin yakni sekitar usia 20 tahun. Sedangkan gejalanya sendiri mulai tampak pada usia 40 hingga 60 tahun.

Kolesterol sendiri bukanlah suatu penyakit dan tidak buruk sama sekali. Tubuh pun membutuhkan kolesterol dan dapat membuat kolesterolnya sendiri. Namun makanan-makanan yang kita konsumsi bisa meningkatkan kadar kolesterol dari yang seharusnya.

Obat penurun kolesterol sendiri yang paling direkomendasikan adalah yang alami. Ya, obat alami kolesterol akan lebih baik ketimbang Anda mengonsumsi obat-obatan kimia yang hanya memicu gejala penyakit lainnya. Namun, sebelumnya mari kita simak beberapa penyebab kolesterol tinggi:

Obat Alami Kolesterol

-Pola makan yang terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh.
-Kurang aktivitas meningkatkan kadar kolesterol jahat.
-Tumpukan lemak pada pinggang dan perut akan meningkatkan kadar kolesterol jahat.
-Usia secara alami memang meningkatkan kadar kolesterol.
-Kebiasaan merokok menurunkan kadar kolesterol baik.
-Faktor riwayat keluarga juga menentukan kadar jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh.

Namun, meski begitu Anda masih bisa mencegah pertambahan kadar kolesterol jahat dengan obat alami kolesterol berupa asupan makanan yang tepat bagi tubuh Anda, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Alpukat
Kita memang membutuhkan lemak yakni lemak baik yang bisa meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh, dan itu terdapat pada buah alpukat.

2. Ikan
Ikan yang mengandung asam omega-3 bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat sehingga menjadi obat alami kolesterol. Ikan yang dapat Anda pilih untuk dikonsumsi adalah salmon, herring, makarel, sarden dan tuna.

3. Minyak kelapa
Minyak kelapa berfungsi untuk mengelola berat badan Anda karena kaya akan vitamin K dan E, zat besi dan anti-bakteri.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat. Kacang tanah, kenari dan almond mengandung omega-3 yang dapat melindungi Anda dari ritme jantung yang tidak normal dan bahkan stroke. Sangat dianjurkan bagi Anda untuk rajin mengonsumsi kacang-kacangan.
--------------
Manfaat buah pisang sebagai obat alami untuk kesehatan
--------------
Untuk Anda yang sudah menderita kolesterol tinggi bisa memperbanyak konsumsi obat alami kolesterol yang telah disebutkan di atas. Dengan catatan rutin adalah yang paling penting tentu dengan kadar yang cukup - tidak juga berlebihan. Selain itu, penting untuk memerhatikan sekali lagi penyebab kolesterol Anda bisa naik sehingga Anda dapat menghindari faktor pemicu tersebut. Memulai pola hidup sehat adalah anjuran yang paling penting dan sering sekali dikumandangkan. Ya, Anda dapat memulainya dari sekarang!