Obat Alami Sinusitis - Penanganan Sederhana Sinusitis

Penyakit sinusitis merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada bagian sinus paranasal yakni rongga hidung. Rongga hidung sendiri punya empat sinus yakni sinus maksilaris yang terdapat di bagian pipi, sinus etmoidalis pada kedua mata, sinus frontalis pada bagian dahi dan sinus sfenoidalis di belakang dahi. Akhirnya, penyakit sinusitis menyebabkan peradangan pada jaringan yang melapisis sinus tersebut. Biasanya bagian sinus selalu berisi udara namun karena peradangan ini sinus tersumbat oleh cairan, kuman seperti virus, bakteri atau jamur.

Perlu diketahui dulu apa penyebab penyakit sinusitis untuk penanganan lebih lanjut mengenai penyakit ini. Setidaknya berikut beberapa penyebab dan faktor risikonya:

  • Peradangan pada daerah hidung maupun tenggorokan
  • Terdapat sumbatan pada rongga hidung akibat polip, benda asing, tumor, perbesaran tulang konka inferior (konka hidung) atau tulang hidung membengkok.
  • Alergi pada hidung
  • Udara yang terlalu dingin, panas atau polusi atau bau-bauan.
  • Air yang masuk ke rongga hidung, sering terjadi pada perenang.
  • Perdarahan pada sinus karena trauma.


Obat Alami Sinusitis - Penanganan Sederhana Sinusitis
Gejala penyakit sinusitis sendiri ditandai dengan ciri-ciri: sakit kepala, terdapat nyeri pada bagian wajah dan demam. Kemudian diikuti dengan perubahan warna ingus, hidung tersumbat, batuk dan bahkan nyeri menelan. Sering bersin-bersin dan mata gatal. Jika kepala ditundukkan ke depan, rasa sakit kepala bertambah.

Baca juga ya, obat alami asma

Untuk penanganan dan obat alami sinusitis terdapat beberapa ramuan herbal yang bisa Anda coba dan buat sendiri. Berikut resep obat alami sinusitis sharingnya blog manfaat buah:

Bahan-bahan:
-Daun sambiloto segar, 7 lbr.
-Daun sembung legi muda, 3 lbr.
-Adas manis, 1/2 sendok.
-Kayu manis, 1/2 jari tangan.
-Jahe Emprit, 1 jari tangan.
-Kemukus, 5 buah.
-Cengkeh, 5 buah.
-Kapulaga, 5 buah.

Cara membuat:
Jahe dibakar sebentar, kemudian dikupas dan dimemarkan. Kemudian, jahe yang sudah dimemarkan direbus bersama dengan bahan-bahan lainnya dengan memakai 4 gelas air sampai airnya surut hingga menjadi sekitar 3 gelas. Setelah itu, angkat ramuan dan saring.

Obat alami sinusitis ini bisa Anda konsumsi 3 kali sehari dengan takaran 1/3 gelas setelah makan. Jika Anda mengalami kesulitan untuk menemukan bahan-bahan tersebut, silakan cari di pedagang rempah-rempah di pasar tradisional.

Apalagi jika masih dalam tahap dini, obat alami sinusitis tersebut akan sangat manjur. Untuk mendukung obat alami sinusitis tersebut, Anda yang menderita penyakit sinusitis sebaiknya menghindari beberapa hal yang bisa memicu sinusitis Anda semakin parah, dengan beberapa hal berikut ini:

-Menghindari alergi yang menyebabkan sinusitis.
-Sebaiknya tidak melakukan perjalanan lewat udara dulu hingga penyakit sinusitis sembuh.
-Tidak berenang di kolam renang berklorin.
-Hindari suhu yang terlalu ekstrim seperti terlalu dingin atau terlalu panas.

Nah, dengan melakukan pencegahan perkembangan sinusitis dan obat alami sinusitis tersebut maka semoga sinusitis Anda segera sembuh. Rutinitas dan tahu penyebabnya itu perlu diketahui agar bisa ditangani secara tepat.