Obat Alami Trigliserida

Trigliserida merupakan lemak utama di dalam tubuh yang berkaitan erat dengan kolesterol, silahkan baca juga post tentang obat alami kolesterol. Jadi, trigliserida sendiri sebenarnya merujuk pada lemak tersebut. Sedangkan penyakit kelebihan trigliserida adalah hipertrigliseridemia yang diduga berkaitan dengan penyakit jantung dan diabetes. Kadar trigliserida yang tinggi ini dapat disebabkan oleh asupan berupa lemak jenuh yang sangat tinggi ke dalam tubuh. Selain itu, berikut rangkuman beberapa penyebab trigliserida:

-Mengalami obesitas / kegemukan.
-Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi seperti gula dan tepung.
-Gaya hidup kurang gerak.
-Disebabkan oleh penyakit diabetes, hati atau ginjal.
-Faktor keturunan.

Pada awalnya kadar lemak yang tinggi di dalam tubuh tidaklah menimbulkan gejala yang signifikan. Namun jika pertumbuhannya sangat tinggi maka akan menyebabkan urat daging di dalam kulit. Kadar trigliserida yang sangat tinggi tersebut pun akan menyebabkan pembesaran limpa dan hati dan gejala pankreatitis seperti nyeri perut yang hebat.

Obat Alami Trigliserida

Nah, karena itu hal menurunkan kadar trigliserida merupakan hal yang penting mengingat bahaya yang akan menyambangi penderitanya. Salah satunya adalah dengan obat alami trigliserida. Pilihan obat alaminya sebenarnya cukup banyak, asal kita memang tidak 'malas' dengan bergantung pada yang serba instan. Beberapa rekomendasi obat alami trigliserida adalah sebagai berikut:

1. Buah alpukat
Alpukat matang dikonsumsi setiap hari tanpa tambahan apapun. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung asam folat, asam pantotenat, vitamin B1, B6, C dan E, niasin, zat besi, kalium, magnesium, glutation, kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh yang mampu menurunkan kadar tinggi trigliserida.

2. Bawang merah
Makan bawang merah yang diris tipis-tipis kira 20gr bersama nasi 3 kali sehari setiap hari. Hal ini dikarenakan bawang merah mengandung senyawa flanovoid yang berfungsi sebagai anti-oksidan dan dapat menurunkan kadar trigliserida.

3. Kubis
1 buah kubis yang dibersihkan dengan air matang, kemudian potong-potong sesuai selera dan dijus. Air sari dari jus kubis tersebut diminum setiap harinya. Kubis sendiri mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, lemak, tinamide serta betakaroten yang berguna sebagai obat alami triglierida.

4. Seledri
Seledri segar sebanyak 30gr dicuci bersih dan kemudian direbus bersama 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air tersebut setelah dingin dan minum. Seledri dikenal mengandung asparagin, glutamin, tirosin, pentosan, manit, zat pati dan minyak atsiri. Kandungan ini memacu enzim pencernaan.

5. Temulawak
Temulawak sebesar 3 jari dikupas kulitnya dan diparut. Biarkan mengendap bersama 1/2 gelas air panas. Setelah dingin, endapan dibuang dan airnya diminum setiap hari. Temulawak punya aktivitas kolagoga yang dapat melancarkan pengeluaran empedu ke usus.

Selain dengan obat-obat alami trigliserida tersebut, Anda pun sangat dianjurkan untuk menghindari penyebab tingginya kadar trigliserida Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan memulai aktivitas fisik secara cukup dan menjaga pola makan Anda.