PISANG: APA SIH, KANDUNGAN GIZI DAN MANFAATNYA?

Pisang. Siapa yang tak mengenal buah berbentuk panjang, berwarna kuning, dan tumbuh di dataran tropis ini? Saya rasa hampir semua orang mengenal pisang, terutama orang Indonesia. Anda pasti sering menyaksikan seorang bayi yang baru memasuki umur enam bulan dan baru diberi makanan padat. Ya, meskipun tidak semua ibu melakukannya, namun tak bisa dipungkiri, pisanglah yang menjadi salah satu makanan padat pertama yang diberikan untuk bayi karena kandungan nutrisi dan vitaminnya yang dapat menjadi sumber energi untuk bayi. Mau tahu manfaat pisang dan kandungannya secara lebih lengkap? Blog manfaat buah ingin ngeshare lebih jauh. Yuk, kita cek satu per satu kandungan gizi serta apa manfaatnya bagi tubuh kita!

Kandungan Gizi Pisang
Menurut data dari USDA National Nutrient data base, pisang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi yaitu sekitar 22.84 gram atau sekitar 18% dari seruluh kandungan gizinya sehingga pisang mampu menahan rasa lapar.

Selain itu, pisang memiliki kandungan protein sekitar 1.09 gram atau sekitar 2%. Untuk kandungan lemak serta serat yang dimiliki pisang diantaranya masing-masing 0.33 gram dan 2.6 gram.

Kandungan dan manfaat pisang
Pisang juga memiliki banyak vitamin diantaranya folat sebanyak 20 mg, niacin sebanyak 0.665 mg, tianin, 0.031 mg, serta vitamin A, C, E, dan K masing-masing sebesar 64 IU, 8.7 mg, 0.10 mg, dan 0.5 mg.
Selain vitamin yang melimpah, pisang juga memiliki elektrolit dan mineral yang sangat bermanfaat utuk kesehatan tubuh. Kandungan elektrolit buah pisang diataranya adalah sodium sebanyak 1 mg dan potassium sebanyak 358 mg atau sekitar 8%.

Adapun kandungan mineral yang terdapat dalam buah kuning menggiurkan ini diantaranya tembaga sebesar 0.078 mg, manggan 0.270 mg kalsium 5 mg, zat besi 0.26 mg, magnesium sebanyak 27 mg, fosfor sebanyak 22 mg, serta selenium dan zinc yang masing-masing sebesar 1 mg dan 0.15 mg.

Manfaat buah Pisang
Manfaat pisang dan kandungannya yang pertama yaitu pisang merupakan sumber energi bagi tubuh. Walaupun tak sebesar kandungan karbohidrat pada nasi, singkong, ataupun roti, kandungan karbohidrat yang terdapat pada pisang ternyata cukup berhasil untuk mengganjal perut yang sedang keroncongan.
Pisang juga dapat dijadikan makanan pokok alternatif bagi Anda yang sedang melakukan program diet. Kandungan serat yang tinggi pada pisang mampu menurunkan kolesterol. Diet menggunakan buah pisang, yaitu hanya mengkonsumsi pisang untuk makan malam, lebih baik dari pada mengkonsumsi buah apel yang memiliki kandungan gula yang lebih banyak.

Vitamin C pada pisang dapat membantu tubuh untuk mencegah serta menghancurkan serangan virus infeksi bada tubuh. Sedangkan pyridoxine yaitu zat yang dimiliki vitamin-B6 merupakan vitamin B-kompleks yang penting dan perperan dalam penyembuhan neuritis dan anemia. Vitamin ini juga membantu menurunkan tingkatan penyakit struk pada tubuh.

Kandungan mineral dalam pisang pun ternyata berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh diantaranya mineral magnesium pada pisang sangat penting untuk kekuatan tulang kita. Zat tembaga merupakan mineral penting dalam tubuh untuk membantu proses produksi sel darah merah. Sementara itu, zat manggan digunakan tubuh sebagai salah satu faktor pembentukan enzim antioksidan superoxide dismutase. Zat elektrolit potassium pada pisang pun sangat bermanfaat. Potassium merupakan komponen sel penting yang mampu membantu tekanan darah.

Nah, itulah beberapa manfaat pisang dan kandungannya yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Bagi Anda yang ingin mencoba hidup lebih sehat, makanlah pisang setiap hari sehingga badan tetap sehat dan tulang pun kuat.