FAKTA TENTANG BUAH SIRSAK

Pada artikel ini kita akan sedikit membahas fakta tentang buah sirsak. Buah sirsak memiliki rasa yang sedikit asem namun enak di lidah. Tapi tak hanya sekedar enak di lidah saja, banyak yang setuju tentang buah sirsak yang katanya memiliki banyak manfaat, silahkan baca manfaat buah sirsak dan daun sirsak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah sirsak mampu mengobati penyakit kanker dan juga mengobati tumor yang merupakan penyakit mematikan nomor satu di dunia.

Buah sirsak segar ini memiliki rasa yang asam manis dengan banyak kandungan vitamin di dalamnya. Rasa asam yang ada dalam buah ini berasal dari asam organik non volatil terutama asam sitrat, asam malat dan asam isositrat. Selain daging buahnya yang menyehatkan, daun pada pohonnya pun juga sering digunakan untuk menghalau penyakit kanker.

Fakta tentang buah sirsak ini juga menyebutkan, buah sirsak mengandung banyak air serta zat gizi seperti karbohidrat yaitu gula pereduksi atau biasa kita kenal dengan glukosa dan fruktosa dengan kadar 81,9 hingga 93,5 % dari kandungan gula total. Kandungan lemak buah sirsak ini sangatlah sedikit sehingga sangat baik untuk kesehatan kita.

fakta tentang buah sirsak
Kandungan vitamin yang paling menonjol pada buah ini adalah vitamin C nya yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah, sehingga dengan hanya mengkonsumsi 300 gram daging buahnya saja anda sudah bisa memnuhi kebutuhan vitamin C harian anda. Tingginya kandungan vitamin C pada buah ini merupakan antioksidan yang sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh anda serta memperlambat proses penuaan.

Selain vitamin, buah sirsak juga kaya akan mineral seperti kalsium dan fosfor masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 gram. Kedua mineral ini sangatlah penting dalam pembentukan massa tulang sehingga baik untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.

Beberapa penelitian memaparkan tentang buah sirsak yang kaya akan komponen non gizinya. Salah satu diantaranya yaitu mengandung banyak serat pangan yang mencapai 3,3 gram per 100 gram daging buah, sehingga dengan mengkonsumsi 100 gram daging buah sirsak telah mampu mmenuhi 13 % kebutuhan serat pangan sehari. Demikian fakta yang hebat tentang buah sirsak.