Mengenal Kelebihan Dan Kekurangan Buah Rambutan Untuk Ibu Mengandung

Masyarakat dikawasan Asia Tenggara tentu sudah tak asing lagi dengan buah rambutan. Hal ini wajar saja karena kawasan Asia Tenggara merupakan tempat buah ini berasal. Di Indonesia sendiri peminat dari buah rambutan ini sangat banyak. Selain rasanya yang disukai, harganya pun terbilang murah. Bisa dikatakan buah ini merupakan salah satu buah yang cukup populer dan dinanti-nantikan kedatangan musim berbuahnya.

Buah yang memiliki kulit berwarna merah dan berambut ini memiliki daging buah lembut dengan rasa yang manis, sehingga membuat siapa saja yang memakannya akan ketagihan untuk memakannya lagi dan lagi. Ternyata selain enak untuk dikonsumsi buah rambutan juga memiliki khasiat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, khususnya bagi ibu yang sedang mengandung, berikut diantaranya:

1. Memberikan asupan harian vitamin C dan B3 yang dibutuhkan oleh tubuh.
2. Kaya akan zat besi yang baik untuk mengontrol kadar oksigen dalam tubuh.
3. Mencegah terjadinya anemia, sehingga tidak mudah lelah dan pusing.
4. Memberikan 4,3 persen kebutuhan fosfor harian tubuh sehingga metabolisme jaringan dan sel tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Buah rambutan
Manfaat buah rambutan untuk ibu mengandung diatas tentu saja dapat dirasakan jika ibu hamil mengonsumsi buah rambutan dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Setelah mengetahui beberapa manfaatnya, sebaiknya ibu hamil juga harus berhati-hati dalam memilih buah rambutan.

Disarankan untuk menghindari buah rambutan yang terlalu matang, karena buah rambutan yang terlalu matang mengandung senyawa alkohol yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan ibu dan janin. Rambutan yang terlalu matang juga memiliki kadar gula yang berlebih sehingga dapat menimbulkan penyakit diabetes.

Selain dengan mengonsumsi buah rambutan, sebaiknya ibu hamil juga mengonsumsi buah-buahan lain yang kaya akan vitamin dan kandungan gizi yang baik bagi tubuh dan kesehatan kandungannya. Terapkan pula pola hidup sehat dan lakukan olahraga ringan agar kondisi tubuh tetap prima sehingga saat persalinan nanti, Anda dan bayi Anda selamat dan sehat.

Terkait:
 Mengenal Manfaat Buah semangka Untuk Ibu Hamil
 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kecantikan