MANFAAT BUAH RAMBUSA

Buah rambusa merupakan buah dari tumbuhan berbunga yang merambat dan berwarna mencolok. Biasanya buah pohon ini dikonsumsi oleh anak-anak karena bentuk serta warnanya yang menarik. Buahnya berbentuk bulat-bulat kecil dan buah ini berwarna kuing terang. Di Filipina, buah rambusa dikenal dengan maria maria. Tak hanya dijadikan sebagai hiasan, tumbuhan merambat yang hidup disemak-semak ini juga biasa dikonsumsi oleh orag Filipina.

Buah rambusa ini memiliki banyak manfaat buah karena ternyata memiliki banyak mineral serta serat dan kandungan air yang bermanfaat untuk tubuh. Tapi harus diingat bahwa manfaat buah rambusa hanya bisa didapatkan dari buah rambusa yang matang karena biasanya buah rambusa yang masih mentah mengandung racun yang dapat membahayakan tubuh kita.

manfaat buah rambusa daun rambusa bunga rambusa
Daun, bunga dan buah rambusa (wikipedia.org)
Menurut aminox.com.au, selain memiliki kandungan air sebanyak 64,2 ml dan serat sebanyak 9,8 gram, buah rambusa, yang terdengar namanya seperti buah rambai ini, memiliki banyak kandungan mineral yang bermanfaat untuk tubuh diantaranya adalah minerla sodium sebanyak 2 mg, mineral potassium sebanyak 491 mg, mineral kalsium sebanyak 10 mg, mineral magnesium sebanyak 4 mg, zat besi sebanyak 8,4 mg, serta seng sebanyak 1,1 mg.

Kandungan mineral yang paling dominan dalam buah rambusa diantaranya adalah mineral potassium, kalsium dan zat besi. Mineral potassium sangat bermanfaat bagi tubuh yaitu diantaranya dapat menguatkan otot, mencegah struk, menorlmalkan tekanan darah, mengurangi stress dan rasa gelisah, menyembuhkan gangguan ginjal serta hati, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, menjaga sistem syaraf, dan lain-lain.

bunga rambusa
Buga rambusa (wikipedia.org)
Buah rambusa ini juga memiliki banyak kandungan mineral kalsium yaitu sebesar 10 mg. Kalsium sangat penting untuk kesehatan gusi, tulang serta gigi. Sementara itu, zat besi dalam buah rambusa juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Manfaat zat besi diantaranya adalah menghidupkan sel-sel darah merah dalam tubuh kita. Mineral ini dapat menghindari kita dari penyakit anemia, batuk, anemia pada saat kehamilan, anemia predialisis dan masih banyak lagi. Baca juga, manfaat buah rambutan untuk kecantikan.

Itulah manfaat buah rambusa. Selain tumbuhannya indah dan dapat dijadikan hiasan, buanya juga ternyata memiliki rasa yang enak dan yang paling penting memiliki kandungan mineral yang sangat baik untuk tubuh kita.