MANFAAT BUAH SIRSAK UNTUK BAYI

Manfaat buah sirsak untuk bayi - Penyakit diare sering sekali menyerang bayi yang berusia 12 hingga 24 bulan. Hal ini disebabkan oleh sistem pencernaan yang sedang beradaptasi dengan berbagai makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut bayi. Oleh karena itu, segala makanan dan minuman yang di konsumsi sang bayi bisa menjadi salah satu penyebab diare. Misalnya saja pada makanan yang terlalu asam, terlalu asin, ataupun terlalu manis. Makanan-makanan ini sangat rentan menyebabkan bayi terkena diare. Jika hal ini terjadi, bayi akan sering rewel dan susah untuk di tenangkan.

Bagi sebagian ibu mempercayai khasiat buah sirsak untuk bayi mereka. Dari beberapa sumber mengatakan bahwa salah satu manfaat buah sirsak untuk bayi adalah mengatasi diare. Baca juga manfaat buah sirsak dan daun sirsak.

Diare pada bayi
Buah sirsak atau yang biasa pula di sebut dengan durian belanda (ada juga yang menyebutnya srikaya belanda) ini berasal dari Karibia, Amerika tengah dan Amerika Selatan. Tanaman ini banyak di tanam untuk di ambil daging buahnya. Nama sirsak itu sendiri berasal dari bahasa belanda yaitu Zuurzak yang berarti kantung yang asam.

Tanaman sirsak tumbuh di sembarang tempat dengan tinggi pohon dapat mencapai 9 meter di atas ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut dengan ukuran buah 20 sampai 30 cm dan berat buahnya mencapai 2,5 kg. Daging buahnya berwarna putih dan memiliki biji yang berwarna hitam.

Buah sirsak biasanya di sajikan dalam bentuk jus ataupun sebagai bahan baku dalam pembuatan eskrim ataupun minuman lainnya. Buah sirsak memiliki banyak kandungan gizi diantaranya fluktosa dan karbohidrat. Tak hanya itu, buah sirsak juga kaya akan kandungan vitaminnya seperti vitamin B1, vitamin B2 dan juga vitamin C. Para penanam tanaman sirsak ini tak hanya memanfaatkan daging buahnya saja untuk di konsumsi, biki buah sirsak yang berwarna hitam tersebut ternyata sangat beracun sehingga sering digunakan sebagai insektisida alami untuk membunuh hama di kebun.

Untuk memperoleh manfaat buah sirsak untuk bayi yang sedang menderita diare, anda biasa mengambil buah sirsak yang sudah masak kemudian ambil dagingnya. Daging sirsak tadi kemudian di saring untuk di ambil airnya kemudian diminumkan ke bayi yang sedang diare sebanyak 2 sampai 3 sendok makan.