Obat Alami Batu Ginjal

Batu Ginjal di dalam saluran kemih (kalkulus uriner) adalah benda keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih atau infeksi. Batu ini bisa terbentuk di dalam ginjal (batu ginjal) maupun di dalam kandung kemih (batu kandung kemih). Proses pembentukan batu ini disebut urolitiasis (litiasis renalis, nefrolitiasis).

Ukuran Batu yang kecil sering tidak menimbulkan gejala dan keluhan yang berarti sehingga sering disepelekan. Batu kecil yang tidak menyebabkan gejala, penyumbatan atau infeksi, biasanya tidak perlu diobati. Penderita cukup Minum banyak cairan yang dapat meningkatkan pembentukan air kemih dan membantu membuang beberapa batu bersama air kencing. Batu dengan ukuran yang lebih besar bisa menyebabkan penyumbatan sehingga perlu diangkat melalui pembedahan.

Penyebab Batu Ginjal

batu ginjal
Penyebab utama penyakit batu ginjal adalah kurang cairan dalam tubuh. Jumlah air minum yang kita konsumsi masih di bawah standar 8 liter per hari. Selain itu, kualitas air minum yang mengandung kapur bisa menjadi penyebab dari penyakit ini.

Obat Alami Batu Ginjal

Jeruk nipis lokal (Citrus aurantifolia Swingle)
Buah jeruk nipis yang mempunyai kandungan sitrat yang tinggi bisa menjadi obat tradisional untuk mengobati penyakit Batu Ginjal.

Kandungan sitrat dari beberapa varietas buah jeruk:
- Jeruk nipis lokal (Citrus aurantifolia Swingle): 55,6 gram/kg
- Jeruk lemon (Citrus limonium): 48,6 gram/kg
- Jeruk nipis bangkok (Citrus aurantifolia Swingle oval): 39,6 gram/kg
- Jeruk manis/orange (Citrus sinensis Osb): 8,75 gram/kg
- Jeruk keprok (Citrus nobilis Lour): 5,4 gram/kg

Sakit pinggang setelah bangun tidur disebabkan kurang minum air putih setiap harinya. Pengobatan alami batu ginjal adalah dengan banyak minum air putih dan mengkonsumsi buah jeruk.

Selain buah jeruk, alternatif lain pengobatan alami bagi penderita batu ginjal adalah ekstrak daun tempuyung (Sonchus arvensis L), kumis kucing (Orthosiphon spp.), dan keji beling (Stachytarpheta mutabilis).

Tempuyung (Sonchus arvensis L)
Daun tempuyung mempunyai kandungan kalium yang cukup tinggi. Kehadiran kalium inilah yang membuat batu ginjal yang berupa kalsium karbonat menjadi terurai karena kalium akan menyingkirkan kalsium untuk bergabung dengan senyawa karbonat, oksalat, atau urat yang merupakan pembentuk batu ginjal. Endapan batu ginjal itu akhirnya dapat larut dan hanyut keluar bersama urine. Demikian obat alami batu ginjal.