VITAMIN BUAH TOMAT DAN KANDUNGAN GIZI

Apakah Anda bertanya mengenai vitamin buah tomat beserta kandungan gizi apa saja yang dipunyai tomat? Baiklah, sebelum bahasan post tentang vitamin buah tomat dan kandungan gizinya kali ini, sejenak mari kita awali dengan sejarah buah tomat terlebih dulu, terlepas dari pertentangan apakah tomat termasuk buah atau sayur, seperti pada post sebelumnya.

Tomat pertama kali di temukan di antara celah-celah pegunungan Peru. Kemudian tanaman ini muncul di Mexico lalu menampakkan dirinya di antara bangsa Indian suku Aztec. Mereka menyebutkan dengan nama Xitomatle yang kemudian di singkat menjadi tomato oleh orang Spanyol saat mereka membawa tanaman tomato tersebut ke negara mereka. Dari negara Spanyol, tomat akhirnya merambah hingga ke perbatasan Portugal, Perancil dan juga italia. Dan pada akhirnya tomat tersebar hingga seluruh penjuru dunia.

Karena kandungan gizi dan vitamin buah tomat inilah sehingga banyak yang gemar untuk mengkonsumsinya sebagai bahan penyedap rasa. Vitamin buah tomat di kenal sebagai tonik yang dapat menambah kekuatan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit, serta merangsang daya pikir otak.

VITAMIN BUAH TOMAT DAN KANDUNGAN GIZI
Kandungan vitamin buah tomat sangat banyak, seperti vitamin A dan vitamin B yang mencapai 1600 IU sehingga dapat mencegah penyakit mata. Ada pula vitamin C dengan kadar 35 mg sebagai anti oksidan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain, buah tomat bermanfaat untuk kecantikan, pada tomat yang berukuran sedang memiliki kandungan kalori yang baik untuk memlihara kesehatan gusi dan juga mampu mempercepat penyembuhan luka.

Kandungan gizi dan vitamin buah tomat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tomat terdiri atas 5 sampai 10 persen berat kering tanpa air serta satu persen kulit dan biji.

Vitamin buah tomat ternyata lebih tinggi jika di bandingakan dengan vitamin buah jeruk. Berdasarkan beberapa penelitian yang pernah di lakukan, menunjukkan bahwa warna merah yang ada pada tomat menandakan bahwa kandungan vitaminnya tinggi. Semakin matang buah tersebut semakin banyak pula kandungan vitaminnya.

Tak hanya vitamin, buah ini juga mengandung Lycopen. Lycopen merupakan zat anti oksidan yang sangat baik untuk menghancurkan radikal bebas akibat polusi kendaraan serta asap rokok yang masuk ke dalam tubuh. Lycopen juga dikenal berperan aktif dalam pencegahan kerusakan sel yang bisa mengakibatkan kanker prostat, kanker mulut rahim atu serviks, dan sebagainya. Tak hanya itu, buah tomat juga bisa digunakan sebagai masker wajah yang mampu meremajakan kulit wajah sehingga tampak lebih segar dan lebih muda. Itulah beberapa kandungan gizi dan vitamin buah tomat.