Manfaat Sehat dan Kandungan Bunga Jantung Pisang

Karena banyak tumbuh diberbagai area, maka tidaklah sulit untuk menemukan jenis pohon ini. Mau lembab atau kering pohon pisang akan mudah beradaptasi sehingga dapat tumbuh dengan baik. Dan lebih banyk orang memburu pohon ini karena buahnya saja yang dapat dimakan.

Ternyata pemanfaatan pohon pisang dapat dikatakan hampir seluruh bagian pohon, mulai daun, batang, sampai akarnya, semua bagian tersebut dapat dimanfaatkan. Daunnya sudah tentu untuk membungkus makanan, batangnya untuk pembungkus tembakau, atau bagian tunggul atau akarnya bisa dimakan. atau untuk menghitamkan rambut.

Manfaat Sehat dan Kandungan Bunga Jantung Pisang
Lalu selain pisangnya yang enak dimakan, ternyata ada bagian lain yang lezat jika dijadikan makanan, yakni jantung pisang. Ya jantung pisang pun dapat diolah menjadi makanan dengan cara dibikin sayur atau dipepes, rasanya maknyus.

Bunga jantung pisang pun dapat dibaut sayur untuk teman makan nasi. Sebenarnya pemanfaatan bunga pisang sebagai makanan sudah ada sejak jaman dahulu, namun belum sepopuler jenis sayuran lain. Dalam bunga pisang mengandung banyak protein, Vitamin E, berbagai macam minreal, kalsium, lemak, serta serat. Sedangkan pemanfaatan lain dari bunga pisang adalah dapat :

Menyembuhkan Infeksi
Karena kandungan etanol dalam bunga pisang menjadikannya dapat menghambat pertumbuhan bakteri, bahkan dapat menyembuhkan luka.

Anti Radikal Bebas
Karena proses oksidasi radikal bebas maka fungsi tubuh akan terhambat, penuaan dini dapat tejadi, Karena sifat antioksidan yang dimiliki bunga pisang yakni kandungan ektrak metanol maka efek radikal bebas dapat ditangkal.

Mengatasi Anemia dan Diabetes
Bunga pisang dapat menurunkan kadar gula penderita diabetes dan meningkatkan sel darah merah, karena dalam bunga pisang erkandung zat besi yang tinggi. Caranya mudah, makanlah bunga pisang yang direbus, makanlah apa adanya.

Mengurangi Nyeri datang bulan
Kondisi tiap wanita berbeda, Ada yang sering mengalami sakit ketika mentruasi, Perut kram, bahkan tidak stabilnya tingkat emosi. Nah agar tingkat emosi menjadi stabil serta untuk mengurangi rasa sakit ketika datang bulan, makanlah rebusan bunga pisang. Bunga pisang dapat mengatur hormon progestreon sehingga dapat mengurangi rasa sakit ketika menstruaasi.

Memperlancar ASI
Bukan hanya daun katuk yang mempunyai manfaat memperlancar air asi. Ternyata dengan mengonsumsi bunga pisang pun dapat dijadikan obat tradional untuk mmperlancar asi.

Bunga pisang atau jantung pisang disarankan dimasak sesuai selera anda, mau disayur atau dipepes atau dicampur bahan sayuran lain seperti jamu, yang paling penting dapat dimakan. kemudian dapatkan manfaat sehatnya.