10 Cara Perawatan Rambut Agar Sehat

Rambut yang indah, panjang dan berkilau akan selalu meninggalkan kesan pada orang lain, itulah sebabnya mengapa perawatan rambut sangat penting. Merawat rambut agar lebih baik tidaklah mudah.

Rambut membutuhkan perlindungan dan perawatan. Bahan kimia,  produk perawatan, gaya rambut serta diet yang tidak sehat dapat membuat rambut rusak. Perawatan rambut yang tidak tepat  adalah faktor penyebab ketombe,

Berikut adalah sepuluh cara dari perawatan rambut agar sehat dan indah.

• Hindari mencuci rambut secara berlebihan : Terlalu sering mencuci rambut dapat membuatnya kering. Cuci rambut Anda hanya jika kotor, kira-kira 2 sampai 3 kali seminggu.

• Hati-hati dengan produk perawatan rambut: Rambut yang terkena pencelupan, warna dan bahan kimia yang sering maka rambut akan rapuh, keriting dan kering. Selalu gunakan produk dengan bahan-bahan yang alami.

• Gaya rambut : Menjalin rambut Anda dapat menjaga dari kerusakan. Tidur dengan rambut dikepang tidak hanya melindungi tetapi juga meningkatkan pertumbuhan rambut. Rambut dibiarkan longgar lebih rentan terhadap kerusakan dan kotoran.

10 Cara Perawatan Rambut Agar Sehat
• Minyak rambut: Rambut bisa menjadi kering dan kasar karena paparan sinar matahari, debu dan polusi. Meminyaki rambut Anda mencegah kerusakan.Minyak menjaga kealamin. keutuhan dan membuat rambut bersinar dan kenyal.

• Pilih shampo yang tepat: Sampo menggunakan bahan kimia yang disebut sulfat untuk membantu menciptakan busa dan parabens untuk menghindari iritasi mata. Zat kimia ini berbahaya bagi rambut Pilih shampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

• Gaya rambut alami:  Hindari mengeriting, meluruskan, pemutihan, Crimping, keriting atau pengeritingan rambut. Jangan gunakan karet gelang untuk menarik kembali rambut, karena dapat melemahkan helai rambut.

• Keringkan rambut secara alami: Handuk terlalu kasar untuk rambut dan dapat menyebabkan kerusakan. Coba membungkus rambut dengan kain katun  setelah mencuci untuk membantu pengeringan rambut. Hindari penggunaan hair dryer untuk mengeringkan rambut. Karena panas dari blower akan membuat rambut menjadi tipis dan kering.

• Potong rambut secara teratur: Waktu ideal untuk memotong rambut adalah setiap 6 sampai 8 minggu.

• Menyikat rambut: Menyikat rambut membantu merangsang folikel dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Tapi menyikat rambut terlalu banyak dapat menyebabkan kerontokan Hindari menyikat rambut saat basah dan gunakan sisir bergigi lebar untuk mencegah kusut rambut.

• Gunakan kondisioner yang cocok: Selalu kondisikan rambut dengan kondisioner yang sesuai dengan jenis, panjang dan kebutuhan rambut. Kondisi dalam rambut setidaknya sekali seminggu. Jika memiliki rambut lemas, gunakan kondisioner dengan minyak nabati, seperti minyak lavender atau teh

Itulah 10 cara perawatan rambut agar selalu sehat. Rambut adalah mahkota, So, harus selalu dijaga dan dirawat agar  selalu sehat.