Ini Dia, Manfaat dan Khasiat Air Hujan Menurut Al-Quran

Tahukah kamu, bahwa sebenarnya air hujan itu mendatangkan manfaat dan khasiat. Seperti yang tertulis dalam Al-Quran.


Al-Quran menyebutkan hujan ada dua penamaan, yakni al-ma’ ath-thahur dan al-ma’ al-furat.

Arti kata dari al-ma’ ath-thahur yaitu air yang suci dan bersih. Ini merujuk ke surah al-Furqan ayat 48.

”Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira, dekat sebelum kedatangan rahmat Nya (hujan). Kami turunkan air yang amat bersih dari langit.”

Para ilmuwan menjelaskan, air hujan adalah tetesan air hasil penyulingan atau al-ma’ al-muqthir. Air hujan menjadi pembersih dan pembasmi kotoran terbaik yang mampu mensterilkan bumi yang tercemar. Proses jatuhnya air hujan pun cukup rumit, bahkan jika dibandingkan dengan penelitian ilmuwan mengenai air jernih, maka air yang paling baik untuk membersihkan adalah air hujan.

Air hujan disebut pula dengan istilah al ma’ al-furat. Al-ma’ al-furat berarti air segar dan nikmat untuk diminum. Menurut hasil penelitian, disebutkan bahwa air hujan berkhasiat dapat memperbarui organ-organ di dalam tubuh dibanding air biasa.

Fakta itu diperkuat oleh surah al-Anfaal ayat ke-11.

“Ingatlah ketika Dia menjadikan kamu mengantuk sebagai ketentraman dari Nya dan Allah menurunkan hujan dari langit kepada kalian untuk menyucikan kalian dengan hujan itu dan menghilangkan gangguan-gangguan setan dari kalian, juga untuk menguatkan hati kalian dan memperteguh telapak kaki kalian.”

Ayat tersebut menjelaskan air hujan adalah air yang ditujukan untuk menyucikan diri. Air hujan juga dapat dijadikan sebagai sumber energi. Air hujan dapat berpengaruh terhadap ketahanan dan kekuatan manusia untuk mengokohkan kedua kakinya ketika menghadapi musuh. [fokusjabar]