Manfaat buah duwet

Buah Duwet (Eugenia cumini atau Syzgium cumini) atau banyak orang menyebut buah jamblang ini merupakan buah yang langka. Tanaman duwet termasuk ke dalam famili tumbuhan Euphorbiaceae. Walaupun langka, keberadaan tanaman ini di Indonesia bisa tumbuh dengan subur.

Mungkin anda lebih mengenal tanaman duwet di daerah anda. Berikut nama lokal buah duwet: Jambe kleng (Aceh), Jambe kling (Gayo), Jambu kalang (Minangkabau), Jambelang (Melayu), Jamblang (Sunda), Duwet (Jawa), Juwet (Jakarta).
Banyak orang suka dengan daging buahnya yang putih kemerah-merahan serta kulit buah licin berwarna merah dan ungu kehitaman. Buahnya berbentuk lonjong, demikian pula bijinya. Hampir seluruh bagian tanaman duwet mengandung saponin, flavonoida dan tanin.

Buah duwet

Manfaat Buah Duwet dan Kandungannya


Buah Duwet mempunyai khasiat buah diantarnya sebagai obat diare, obat sakit gula dan obat nyeri ginjal.

Manfaat buah duwet untuk mengatasi diare dipakai ± 100 g buah matang Duwet, dicuci dan dimakan langsung.

Pada buahnya terkandung zat penyamak tanin, minyak terbang, damar, asam gallus, dan glikosida. Pada bijinya terdapat zat tanin, asam galat, glukosida phytomelin, dan alfa-phytosterol yang bersifat antikholestemik.

Sedangkan pada kulit pohonnya terdapat zat samak (tanin). Dan pada kulit buahnya terdapat antosianin penyebab warna ungu