BERBAGAI MANFAAT PISANG KEPOK KUNING

Advertisement
Siapa yang tidak mengenal pisang? Pisang adalah salah satu jenis buah-buahan yang banyak sekali dijumpai di berbagai negara tropis, salah satunya adalah Indonesia. Selain dikenal sebagai panganan bagi manusia, pisang juga dikenal sebagai salah satu buah-buahan yang digemari beberapa jenis hewan, seperti monyet dan burung. Pisang itu sendiri hadir dalam berbagai jenis. Jenis-jenis pisang yang dikenal luas di kalangan masyarakat adalah pisang ambon, pisang raja, pisang tanduk, pisang sunripe, pisang susu, pisang sereh, pisang siam, dan pisang kepok. Untuk kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai manfaat pisang kepok kuning.

Pisang kepok kuning merupakan salah satu jenis buah pisang yang ternyata memiliki khasiat dan manfaat buah yang sangat penting bagi kesehatan manusia. Namun, sebelum melangkah lebih jauh mengenai manfaat pisang kepok kuning, terlebih dahulu kita membahas mengenai pisang kepok ini. Pisang kepok ada dua jenis, yakni pisang kepok kuning dan pisang kepok putih. Apa perbedaan dari kedua jenis pisang kepok ini? Keduanya memiliki kandungan nutrisi yang sama, namun rasanya berbeda. Pisang kepok kuning memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan pisang kepok putih. Pisang kepok kuning seringkali diolah, tidak dihidangkan untuk langsung dimakan. Hal ini karena rasanya akan lebih manis setelah diolah.

Setelah membahas mengenai pisang kepok, mari kita beralih ke manfaat pisang kepok kuning ini. Apa sajakah khasiat atau manfaat pisang kepok kuning ini? Manfaat pisang kepok kuning dapat dirasakan bagi orang yang menderita beberapa penyakit, salah satunya adalah batuk darah. Ya, jika Anda menderita penyakit batuk darah atau Anda memiliki saudara atau teman yang menderita penyakit tersebut, pisang kepok kuning dapat membantu proses penyembuhan. Selain itu, bagi Anda penderita diabetes ataupun kencing manis, pisang kepok ini bermanfaat untuk membantu menjaga kadar gula dalam darah. Maka, bagi Anda penderita diabetes, tidak perlu khawatir ketika mengonsumsi pisang kepok kuning ini.

manfaat pisang kepok kuning
Selain untuk mengobati berbagai penyakit, ternyata manfaat pisang kepok kuning dapat dirasakan bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Karena kandungan nutrisinya yang tinggi, seperti vitamin B6 yang dapat membantu proses metabolisme tubuh.

Dengan asupan pisang kepok kuning secara teratur, maka Anda tidak akan mengalami masalah metabolisme tubuh. Selain itu, pisang kepok ini hanya mengandung sekitar 0,13 persen lemak. Dengan kadar lemak yang rendah ini, maka Anda dapat tetap merasa kenyang tanpa harus khawatir akan bentuk tubuh Anda. Itulah sebabnya mengapa pisang kepok kuning ini sangat berguna untuk dijadikan panganan dalam program diet Anda. Baca juga artikel tentang manfaat pisang untuk wajah.

Selain untuk program diet, ternyata manfaat pisang kepok kuning dapat juga dirasakan bagi Anda yang menderita maslaah pencernaan seperti sembelit, diare, dan bahkan sakit maag. Hal ini tentu masih merujuk pada kandungan nutrisi pisang kepok yang berguna bagi metabolisme dan pencernaan. Maka, kami sarankan Anda yang menderita masalah pencernaan untuk mengonsumsi pisang kepok kuning secara teratur.

Demikianlah penjelasan singkat kami mengenai manfaat pisang kepok kuning. Seperti yang telah dijelaskan, ternyata cukup banyak manfaat pisang kepok kuning bagi kesehatan kita. Oleh karena itu, untuk menjaga agar terhindar dari berbagai penyakit yang telah disebutkan sebelumnya, konsumsilah pisang kepok kuning. Anda akan memperoleh manfaat pisang kepok kuning dan Anda akan tetap dalam kondisi dan bentuk tubuh yang prima dan sehat. Semoga bermanfaat!
Advertisement
BERBAGAI MANFAAT PISANG KEPOK KUNING | Najla Alliya | 5