Obat Alami Demam Berdarah

Obat Alami Demam Berdarah - Obat tradisional demam berdarah - Penyakit demam berdarah dengue (DBD) sering menyebar saat musim penghujan dimana sering terjadi kondisi lembab dan banyak terdapat genangan air yang menjadi tempat tumbuh kembangnya bibit bintik-bintik nyamuk.

Penyakit DBD disebabkan oleh virus dengue, yang merupakan virus dari famili Flaviviridae, Virus dengue dapat masuk ke tubuh manusia melalui gigitan vektor pembawanya, yaitu nyamuk dari genus Aedes seperti Aedes aegypti betina dan Aedes albopictus.

Asal anda tahu, sebenarnya ada obat demam berdarah secara alami yang murah dan mudah didapat di sekitar kita.

Obat Alami Demam Berdarah - Obat tradisional demam berdarah
Menurut para ahli pengobatan tradisional, buah jambu biji merah berkhasiat sebagai obat alami demam berdarah. Buah anggota famili Myrtaceae ini dikenal sebagai obat alami pendongkrak trombosit bagi penderita demam berdarah yang lazimnya anjlok, hanya 40.000/ul; ambang batas, 10.000/ul--450.000/ul. Virus DBD akan menginfeksi sel darah putih dan kelenjar getah bening sehingga trombosit penderita demam turun drastis.

Tetapi dalam sebuah penelitian terbukti bahwa sebenarnya daun jambu biji/klutuk lebih ampuh jika dibandingkan manfaat buah jambu biji merah. Hasil riset Prof.Dr.Soegeng Soegijanto SpA(K), DTM & H dan Harjono Achmad -keduanya dari fakultas kedokteran Universitas Airlangga sudah membuktikan bahwa obat alami anti-DBD itu justru daun jambu biji.

Cara penggunaan obat alami demam berdarah adalah :
- 9 lembar daun jambu biji direbus dengan 5 gelas air sampai menjadi 3 gelas.
- Saring dan dinginkan, diminum 3 x 1 gelas/hari
Air rebusan daun jambu biji/klutuk akan berwarna coklat kehijauan dengan rasa agak sepet.

Sebaiknya anda menggunakan daun jambu biji yang tidak terlalu tua dan terlalu muda karena jika terlalu tua, kadar flavonoid banyak mengalami oksidasi sehingga dikhawatirkan kurang efektif. Pun pada daun muda. Kandungan flavonoid belum mencukupi.

Daun jambu biji ampuh mengatasi BDB karena mengandung kurang lebih ada 40 senyawa kimia seperti (misalnya) golongan aldehid, guanin dan quercentin yang merupakan senyawa pokok penambah jumlah trombosit. Kadar Quercentin di buah jambu biji lebih sedikit daripada di daun. Kandungan di selembar daun bisa sama dengan di sekilo buah jambu biji.

Menurut Prof.Dr.Sumali Wiryowidagdo, quercentin diduga dapat menghambat enzim pembentuk RNA virus dengue. "RNA berperan dalam sintesis protein. Jika pembentukan RNA virus terganggu, virus dapat mati sehingga jumlah trombosit meningkat", ujar kepala Pusat Studi Bahan Alam (PS-OBA) Jurusan Farmasi F-MIPA Universitas Indonesia itu.

Namun, dalam kondisi darurat disarankan merebus 5 lembar daun dalam 3 gelas air hingga tersisa segelas. "Air rebusan diminum sehari sekali selama 3-4 hari", kata Suprapto, anggota Komite Nasional Penilai Obat Tradisional dan Suplemen Makanan BPOM itu. Hasilnya sama, trombosit cepat meningkat.

Artikel obat alami demam berdarah ini dirangkum dari Artikel majalah Trubus edisi 444 November 2006/XXXVII hal,108-109