6 Cara Alami Mengatasi Sembelit

Sembelit atau sulit buang air besar tentu bisa bikin perut merasa tak nyaman apabila keadaan ini dilewatkan terus-terusan, dapat mengakibatkan masalah pencernaan serius. Frekwensi ideal orang buang air besar (BAB) yaitu 2 x satu hari, atau sekurang-kurangnya satu kali satu hari. Bila lebih tiga hari tidak juga BAB bisa disebutkan Anda telah menderita sembelit.


Banyak mengkonsumsi makanan olahan, daging merah, minuman berkafein, makanan yang memiliki kandungan banyak minyak serta beberapa produk susu olahan merupakan salah satu pemicu paling umum mwngalami sulit BAB. Konsumsi serat yang kurang juga dapat mengakibatkan BAB tidak lancar. Saat telah alami sembelit, sebaiknya Anda coba dulu lakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Cukup Minum Air
Terjadinya sembeli dapat karena kurangnya konsumsi cairan. Air putih berperan bersihkan toksin serta kotoran dari usus supaya lebih gampang terbuang. Saat Anda kurang minum air putih, sistem pembuangan kotoran bakal terhalang serta terjadilah sembelit.

2. Minum Teh Hijau atau Air Hangat
Dianjurkan meminum satu sampai dua gelas air putih hangat atau teh hijau sesudah bangun tidur. Disamping bikin perut merasa nyaman, teh hijau atau air hangat juga memiliki kandungan anti-oksidan yang bisa menambah daya tahan tubuh serta memperlancar pencernaan. Anda bisa menambahkan sedikit perasan lemon ke air hangat supaya badan terasa lebih fresh.

3. Berolahraga Ringan
Dari pada asik 'membenamkan' diri ditempat tidur, sebaiknya Anda olahraga. Tak perlu latihan berat, cukup hanya jalan-jalan atau berlari-lari kecil di seputar kompleks, atau senam pagi. Kesibukan fisik pada pagi hari bakal menolong mempercepat metabolisme badan yang sehingga system pencernaan juga bekerja dengan lancar.

4. Tambh Probiotik dalam Diet
Probiotik yaitu bakteri baik yang bisa menolong memperlancar system pencernaan serta bisa membantu BAB lebih teratur. Anda dapat memperolehnya dari yoghurt (yakinkan ada label bertuliskan probiotik pada paket), minuman bubuk atau berbentuk suplemen.

5. Makan Buah
Makanlah buah-buahan yang memiliki kandungan serat tinggi seperti apel, pir, buah berry (strobery, blueberry, raspberry, anggur) serta pepaya. Rutinlah mengkonsumsinya setiap hari.

6. Mengkonsumsi Propolis
Propolis cukup ampuh untuk mengatasi sembelit. Di dalam propolis terdapat zat antibiotik alami dan antiviral yang tidak mempunyai efek samping, vitamin, asam amino, mineral serta sangat mujarab untuk penyakit infeksi perut, mulut, tenggorokan. (Team Riset Rusia: Ensiklopedia Utama.). Baca juga 1001 khasiat propolis bioraja.

Bila Anda masih mengalami sembelit, baiknya memeriksakan diri ke dokter lantaran mungkin saja ada masalah pencernaan yang lebih serius.