12 Tips jitu ini bikin kamu fokus belajar, penasaran ya?

Bila anda seseorang pelajar, ini bermakna anda mempunyai keharusan untuk belajar. Bagaimanakah bila anda telah belajar namun sulit masuk ke otak? Mungkin saja ini disebabkan langkah belajar anda yang belum pas.

Kebanyakan orang mempunyai style serta langkah sendiri supaya belajar mereka efisien serta konsentrasi. Hal yang butuh anda dapatkan yaitu kiat belajar yang tepat buat dirimu. Coba intip 12 panduan supaya belajarmu masuk ke otak berikut.


1. Menggambar pelajaran yang kamu pelajari

Banyak orang lebih mengingat gambar ketimbang tulisan. Kalau kamu merupakan salah satu di antaranya, cobalah untuk memvisualkan apa yang tengah kamu pelajari. Pasti akan membantumu untuk mengingat.

2. Menandai bagian penting

Agar tidak melupakan bagian yang kamu rasa penting, salah satu caranya adalah dengan menandai bagian tersebut. Efeknya, kamu jadi fokus pada tanda tersebut. Menandai bagian yang penting juga akan membantumu menemukannya kembali ketika kamu lupa.

3. Membuat catatan kecil

Membuat catatan kecil terkait pendapatmu tentang apa yang kamu palajari bisa juga membantumu. Selain itu, membuat catatan kecil juga dapat mengembangkan pemikiran dan pendapatmu.

4. Menggunakan metode Flashcard

Flashcard merupakan kartu berisikan kata, angka, gambar, ilustrasi, serta konsep yang digunakan untuk belajar. Metode ini efektif untuk belajar ketika kamu ingin mencerna berbagai fakta, tanggal, formula, atau kosa kata.



5. Studi kasus

Mungkin kamu tipe pelajar yang suka membuat segala sesuatunya nampak realistis. Studi kasus membantu kamu menempatkan hal yang kamu pelajari menjadi lebih familiar dan realistis. Studi kasus bisa dimanfaatkan untuk memahami implikasi dari beberapa teori.

6. Pemetaan pikiran

Metode ini digunakan untuk memaksimalkan otak kanan dan otak kiri manusia. Pemetaan pikiran menggunakan teknik curah gagasan, yakni teknik menggunakan kata kunci bebas, simbol, gambar, dan melukiskannya secara kesatuan di sekitar tema utama seperti pohon dengan akar, ranting, dan daun-daunnya.

7. Brainstorming atau jejak pendapat

Cara belajar ini bisa kamu praktikkan bersama teman-temanmu. Kalian bisa mempelajari satu kasus dan saling adu pendapat, belajar pun pasti lebih terasa menyenangkan. Dan kalian bisa memilih pendapat siapa yang paling tepat digunakan untuk satu permasalahan.

8. Mnemonic

Salah satu yang termasuk dalam metode belajar Mnemonic adalah 'Mejikuhibiniu' (Merah-Jingga-Kuning-Hijau-BiruNila-Ungu), yang digunakan untuk menghafalkan warna pelangi. Metode ini menekankan pada konsep mengasosiasikan satu konsep dengan konsep lain yang lebih dekat dengan kita.

9. Mendengarkan musik

Sambil mendengarkan musik yang lembut, akan membantu kamu untuk tetap betah belajar. Bisa juga sambil ditemani kopi atau teh. Soal musik ini kamu harus memilih musik-musik yang tidak membuatmu salah fokus ya. Takutnya, kamu malah asyik karaokean daripada fokus belajar.

10. Mengatur waktu belajar

Mungkin kamu tipe yang lebih suka belajar di pagi hari daripada malam hari atau sebaliknya. Cobalah untuk lebih mengenali waktu yang tepat untuk belajarmu. Belajar di waktu yang tepat membuatmu tak mudah merasa bosan.

11. Metode kuis

Ajaklah temanmu untuk melakukan metode ini. Kalian bisa bergantian saling bertanya tentang pelajaran kalian. Dengan menerapkan metode ini akan membantumu mengingat pelajaranmu.

12. Berdoa

Karena semua kegiatan lebih baik diawali dengan berdoa, berdoalah sebelum belajar. Selamat mencoba ya guys! [brilio]