Profesi-profesi yang Menjamin Otak Terus Sehat hingga Tua

Jurnal Neurology menunjukkan ahli bedah, petugas pengawas hukuman percobaan, pengacara, psikoterapis, desainer grafis, arsitek, dan wartawan, dianggap sebagai profesi-profesi yang menjamin otak terus sehat hingga usia tua.

Penelitian yang dilakukan di Skotlandia University of Edinburgh ini menguji 1.066 pria dan wanita yang lahir pada tahun 1936 yang sebagian besar sudah pensiun.

Mereka yang kini rata-rata memiliki usia lebih dari 70 tahun itu diuji kemampuan kognitif, memori, dan kecepatan pemrosesan baik dalam hal pekerjaan yang berkaitan dengan data mau pun cara berinteraksi dengan orang-orang.


Para peneliti membandingkan semua itu dengan tes IQ yang telah dilakukan saat subjek masih berusia 11 tahun, karena pada saat itu hampir semua anak-anak Skotlandia menyelesaikan sesuatu yang disebut Survey Mental Skotlandia.

Hasilnya, subyek yang memiliki pekerjaan di mana mereka harus menganalisis dan mengambil data, seperti matematika dan insinyur sipil, menunjukkan kemampuan kognitif yang lebih baik pada usia 70.

Hal yang sama terjadi pada orang-orang yang bekerja pada tugas-tugas yang rumit dengan orang-orang, seperti mentoring, konseling, pelatihan atau negosiasi. Hakim, pekerja sosial dan petugas percobaan juga termasuk di dalamnya.

Studi-studi lain telah mencapai kesimpulan yang sama: Gunakan otak Anda atau mulai kehilangannya.

Satu peringatan: para peneliti menunjukkan bahwa orang yang memulai dengan IQ tinggi cenderung untuk mengambil profesi yang lebih menantang.

Namun demikian, studi ini menemukan bahwa peserta tampaknya mendapatkan kekuatan otak tambahan setelah mengambil pekerjaan yang lebih kompleks. Terlihat dari perbedaan fungsi kognitif kecil, sekitar 1% -2%, namun memiliki arti yang signifikan. tribunjambi.com (forbes.com)