Benarkah Sayur Bayam Akan Beracun Jika Dipanaskan Dua Kali?

Sayur bayam adalah satu diantara olahan sayur paling popular. Memiliki rasa yang menyegarkan, membuatnya juga begitu gampang serta cepat dikenal. Tetapi, saat ini beberapa orang sangsi untuk memasak sayur bayam. Soalnya, banyak yang bilang kalau sayur bayam bakal beracun bila dipanaskan 2 x. Apakah benar pernyataan ini?

Awalannya keyakinan ini muncul lantaran bayam yaitu sayuran yang kaya nitrat. Ditambah, beritanya pemanasan yang terus-terusan bakal merubah senyawa nitrat jadi zat penyebabnya kanker. Kenyataannya, nitrat adalah senyawa yang stabil hingga mustahil beralih akibat pemanasan.


Disamping itu, pengujian pada manusia memperlihatkan kalau konsumsi sayuran kaya nitrat tak mengakibatkan kanker serta penyakit mengerikan yang lain. Bayam tak dianjurkan dipanaskan sampai 2 x terutama lantaran sistem pemanasan bisa kurangi kandungan vitamin didalam bayam.

Jadi, pernyataan kalau sayur bayam bakal beracun bila dipanaskan 2 x kurang pas. Argumen tidak untuk memanaskannya berkali-kali sama juga dengan waktu Anda berupaya tak memanaskan sayuran lain berulang-kali.