Manfaat Buah Jambu Semarang

Manfaat Buah Jambu Semarang, mungkin menjadi pertanyaan kita selanjutnya setelah kata jambu semarang ini disebut dalam beberapa post manfaat jambu air, buah jambu bol, dan manfaat buah lainnya. :)

Apakah nama semarang menyatakan bahwa jambu semarang ini berasal dari kota semarang? Jambu semarang atau jambu air semarang (Syzygium samarangense) adalah tumbuhan dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Indonesia dan Malaysia (wikipedia). Hmmm.. tidak menyebutkan kota semarang ya? Bahkan disebutkan juga berasal dari malaysia.

Oke, itu tidak terlalu penting, yang ingin kita ketahui manfaat jambu semarang ini untuk apa ya?

Buah Jambu Semarang

Sepertihalnya  jambu air dan jambu bol, jambu semarang juga biasa disajikan sebagai buah meja. Ketiga jenis jambu tersebut mempunyai manfaat yang kurang lebih serupa. Buah-buah tersebut biasa dimakan dalam keadaan segar, atau dijadikan sebagai bahan untuk membuat rujak. Beberapa jenis jambu ini juga dapat dijadikan asinan atau bahkan disetup.

Kayu pohon jambu semarang yang keras dan kemerahan, asalkan tidak kena tanah, cukup baik  digunakan untuk bahan bangunan.

Karena rasanya yang manis, buah jambu semarang sering diserang oleh ulat (larva) lalat buah. Telur lalat dan ulatnya ini biasa ditemukan pada buah yang tidak ditutup rapat semasa hidup di pohon.