Buah Namnam (kopi anjing) yang terlupakan

Buah Namnam (kopi anjing) yang terlupakan. Sekarang keberadaan buah namnam terbilang langka. Manfaat Pohon namnam sering ditanam orang untuk tanaman penghias halaman atau untuk diambil buahnya. Buah namnam yang sudah masak memiliki rasa asam manis segar, dapat dimakan langsung atau dijadikan sebagai bahan rujak, asinan, dan manisan. Dapat juga buah namnam ini dijadikan sebagai campuran sambal.

Kayu pohon namnam padat dan berwarna pucat, akan tetapi tidak begitu memiliki banyak manfaat. Kayu yang keras pada bagian tertentu pohon namnam ini hanya sering dijadikan untuk membuat gasing.

Buah Namnam kopi anjing yang terlupakan

Namnam atau anjing-anjing atau Sawo Pancukan sebenarnya merupakan nama sejenis pohon buah dari suku polong-polongan (Leguminosae alias Fabaceae).

Pohon yang memiliki buah rasa masam ini di beberapa daerah dikenal dengan nama lain seperti namu-namu (Man.), namo-namo (Ternate), namet (Hal.), namute, lamute, lamuta, klamute (beberapa bahasa di Maluku tengah). Juga puki anjing (Mal.), pukih (Sd.), kopi anjing (Sd., Jw.), puci anggi (Bima), puti anjeng (Mak.).