MANFAAT PISANG BAGI OLAHRAGAWAN

Manfaat pisang bagi olahragawan - Untuk seorang atlet atau olahragawan, kesehatan dan kebugaran tubuh menjadi hal yang mutlak harus diperhatikan dan harus dijaga. Kondisi tubuh atau stamina yang kurang baik tentu bisa mempengaruhi performa sang olahragawan saat bertanding di arena.

Oleh karena itu, kesehatan dan kebugaran fisik olahragawan mendapat perhatian khusus oleh sang olahragawan maupun pelatihnya. Salah satu hal yang harus diperhatikan untuk mendapat kondisi tubuh yang fit adalah makanan. Asupan makanan harus dipenuhi dengan makanan sehat dan bergizi.

Buah-buahan termasuk dalam kategori makanan empat sehat lima sempurna yang sangat baik untuk tubuh. Salah satu jenis buah yang disukai banyak olahragawan adalah pisang. Bukan karena rasanya saja yang enak dan lezat, penelitian membuktikan ternyata sangat banyak manfaat pisang bagi olahragawan.

Makanya, jangan heran kalau melihat seorang olahragawan memakan buah berbentuk lonjong ini di sela-sela istirahat saat pertandingan. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai manfaat pisang bagi olahragawan atau atlet.

Manfaat pisang bagi olahragawan
Pertama, pisang sangat kaya akan potassium. Manfaat potassium ini adalah sebagai nutrisi yang dapat menurunkan resiko kram pada otot. Selain baik untuk otot, potassium juga mampu mengurangi tekanan darah. Jadi, sebaiknya olahragawan memakan pisang sebelum bertanding untuk menghindari kram otot. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Kedua, buah tropis ini mengandung asam amino. Asam amino adalah senejis molekul pembentuk protein yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Asam amino juga bisa membakar lemak menjadi energi. Jadi, buah pisang berkhasiat menambah energi bagi pengkonsumsinya. Asam amino adalah zat yang sangat dibutuhkan tubuh, akan tetapi tubuh manusia tidak dapat memproduksinya sendiri selain dari asupan makanan, salah satunya buah pisang.

Ketiga, ketika sedang bertanding, seorang olahragawan sangat banyak mengeluarkan keringat yang menyebabkan kurangnya cairan tubuh. Nah, buah pisang mengandung tiga ‘senjata’ hebat untuk menanggulangi permasalah tersebut. Tiga ‘senjata tersebut adalah pectin, potassium dan magnesium’. Ketiganya mampu mengurangi resiko kekurangan mineral yang disebabkan keluarnya cairan dari tubuh.

Manfaat pisang bagi olahragawan yang terakhir dan tidak kalah penting yaitu untuk memulihkan stamina tubuh. Sehabis bertanding, seorang olahragawan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang agar tubuhnya kembali fit dan bugar. Selain itu, buah iklim tropis ini juga mampu menghilangkan rasa pegal pada otot, serta mengurangi tingginya level magnesium yang dapat membantu melancarkan peredaran darah, serta menghilangkan pusing.

Para dokter di India melakukan penelitian terhadap buah pisang untuk mengetahui kandungan gula pada pisang. Hasilnya, pisang mengandung tiga gula, yaitu fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Ketiga jenis gula tersebut mengalir dengan kecepatan yang berbeda sehingga dapat menjaga kadar gula dan menghindari kekurangan energi. Silahkan dilihat post kandungan gizi bauh pisang, ya! Selain itu, perbedaan tersebut mampu memberi energi untuk pembakaran energi selama 90 menit non stop. Banyak atlet yang mengkonsumsi pisang saat jeda atau istirahat sebagai cadangan energi yang alami.

Demikian penjelasan mengenai manfaat pisang bagi olahragawan. Karena kaya akan manfaat bagi tubuh, pisang menjadi buah favorit bagi olahragawan. Namun, manfaat tersebut tidak hanya bisa dirasakan untuk orang yang berprofesi sebagai atlet saja. Kita juga bisa mengkonsumsinya untuk memenuhi gizi dan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Misalnya, ketika Anda merasa lesu cobalah untuk mengkonsumsi pisang. Gula yang ada dalam pisang sangat mudah dicerna sehingga mampu menghasilkan energi instant. Selain itu, dengan kandungan kalium pada pisang, jaringan otot akan bertenaga kembali selama beberapa saat sebelum tubuh mendapatkan pasokan energi darurat dari makanan utama. Selamat mencoba!
Artikel penting lainnya: manfaat pisang untuk bayi.