MANFAAT PISANG UNTUK BAYI

Advertisement
Manfaat pisang untuk bayi - Saya sering menyaksikan keponakan, bayi tetangga, dan adik sendiri yang diberi makan pisang saat pertama kali mereka baru memulai mengkonsumsi makanan padatnya. Pada awalnya saya merasa biasa saja, tapi-lama-lama saya penasaran juga. Kenapa harus pisang? Ternyata, setelah mencari informasi tentang manfaat pisang serta nutrisi yang terkandung di dalamnya, saya sedikit tercengang dan kaget.

Ternyata buah yang beberapa pohonnya berdiri di belakang rumah saya memiliki banyak sekali nutrisinya. Manfaatnya pun bermacam-macam mulai dari melembutkan kulit, melembutkan rambut, mencegah anemia, dan tentu saja sangat bermanfaat bagi bayi yang baru mulai memakan makanan padat. Berikut ini beberapa manfaat pisang untuk bayi yang telah saya temukan.

Pisang terdiri dari banyak nutrisi penting bagi tubuh sehingga disebut-sebut sebagai salah satu makanan yang paling sempurna di dunia. Pisang merupakan sumber utama elektrolit potassium yang bermanfaat untuk kesehatan otot serta melancarkan peredaran darah. Pisang juga mengandung vitamin A, vitamin B6, Vitamin C, kalsium, magnesium, zat besi serta tembaga yang baik untuk pertumbuhan bayi. Lihat artikel tentang kandungan gizi buah pisang.

Pisang sangat cocok untuk bayi yang baru belajar makan karena teksturnya yang sangat lembut yang cocok untuk kondisi dalam mulut bayi yang juga masih lembut. Rasanya pun sangat cocok untuk bayi yaitu manis, sehingga tidak membuat bayi kaget. Kandungan glukosa alami pada pisang tersebut berfungsi sebagai sumber energi bagi bayi. Manfaat pisang untuk bayi lainnya yaitu pisang memiliki kandungan pectin yaitu serat alami yang baik bagi pencernaan tubuh bayi. Jika bayi Anda sedang sakit diare, pisang dapat diberikan sebagai pengganti elektrolit pada tubuh yang tebuang.

Manfaat pisang untuk bayi
Pisang memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga sangat baik untuk pertumbuhan bayi. Selain itu, kalsium pada pisang juga sangat berguna untuk tulang bayi yang terus berkembang serta membantu pertumbuhan gigi-gigi bayi yang mulai bermunculan.

Lalu bagaimana memilih pisang yang baik bagi bayi Anda?

1. Pilihlah pisang yang masih segar
Memilih pisang dengan kualitas yang baik adalah suatu keharusan apalagi untuk bayi Anda yang baru akan memulai makanan padatnya. Memilih pisang yang masih segar adalah salah satu caranya. Tentunya Anda ingin memberi yang terbaik bagi buah hati Anda khan? Maka pilihlah pisang yang masih segar sehingga kandungan gizi, nutrisi, dan vitamin pada buah pisang tersebut masih baik.

2. Pilihlah pisang yang rasanya manis
Memulai sesuatu dengan yang manis pasti akhirnya pun akan manis. Begitu pula ketika Anda memilih pisang untuk buah hati Anda. Selain dapat menjadi sumber energi, rasa manis juga dapat membuat hati buah hati Anda tenang. Maksudnya, tidak kaget saat makanan masuk ke dalam mulut. Bayangkan jika buah hati Anda mengunyah sesuatu yang masam atau bahkan pahit? Anda pasti tak tega melihatnya bukan?

3. Pilihlah pisang yang memiliki tekstur lembut
Memilih pisang dengan tekstur yang lembut merupakan hal yang sangat penting juga mengingat pisang tersebut akan diberikan pada bayi Anda. Jangan salah memilih pisang untuk dikonsumsi bayi Anda.

4. Pilihlah pisang raja atau pisang ambon
Pisang yang sering dijadikan makanan pertama bagi bayi khususnya di Indonesia diantaranya adalah pisang raja dan pisang ambon. Pisang-pisang ini sangat manis serta memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga cocok untuk buah hati Anda yang baru belajar makan makanan padat.

Manfaat pisang untuk bayi memang banyak, terutama manfaat untuk masa pertumbuhannya. So, jangan ragu memberi makanan padat pertama si kecil dimulai dari pisang. Baca juga artikel yang tak kalah menariknya, manfaat pisang untuk wanita.
Advertisement
MANFAAT PISANG UNTUK BAYI | Najla Alliya | 5