MANFAAT SAWO KECIK

Advertisement
Pernah mendengar nama buah sawo kecik? Tampilan buah ini agak berbeda dengan bentuk sawo pada umumnya yang berwarna cokelat. Ukuran buah sawo kecik pun lebih kecil dan lonjong daripada sawo jenis lain.

Buah berwarna kuning kemerahan. Warna kulitnya merah cerah untuk sawo yang sudah matang. Sedangkan jika masih muda dan belum matang warnanya oranye. Kulit sawo kecik sangat tipis sehingga sangat mudah terkelupas.

Berbicara soal rasa, sawo mungil ini memiliki rasa yang tak jauh berbeda dengan sawo lain sejenisnya. Sawo kecik mempunyai rasa yang manis, meskipun tidak semanis jenis sawo lainnya. Bahkan, terkadang ada rasa 'sepet' meskipun buahnya sudah matang.

Buah sawo kecik
Banyak yang tidak mngetahui manfaat sawo kecik untuk tubuh. Buah sawo kecik dipercaya mempunyai khasiat sebagai pengharum tubuh yang alami. Dengan mengonsumsi sawo kecik, tubuh kita akan menjadi wangi. Keringat, nafas, bahkan air kencing orang yang memakan buah ini akan tercium wangi. Itulah sebabnya putri-putri keraton sangat menggemari buah sawo kecik. Tidak heran jika kita menemukan pohon sawo kecik di keraton-keraton yang berada di Solo atau Yogjakarta.

Manfaat sawo kecik lainnya terdapat pada daun. Daun sawo kecik sebagai obat alami kolesterol yakni dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain daunnya, batang kayu sawo kecik ini ternyata juga dapat digunakan untuk membuat perabot rumah tangga, alat-alat pertukangan, serta sebagai tiang penyangga rumah. Kayunya yang kuat dan berkualitas baik banyak dimanfaatkan oleh para seniman di Bali untuk membuat patung dan ukir-ukiran. Kayu pohon sawo kecik juga bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan alat music seperti biola dan rebana.

khasiat sawo kecik
Pohon sawo kecik dapat tumbuh di daerah yang tanahnya kurang subur. Oleh karena itu, pohon sawo kecik difungsikan sebagai pohon pemulih areal-areal yang kurang subur dan kritis. Petani buah banyak yang menjadikan pohon sawo kecik sebagai batang bawah untuk okulasi atau penyambungan dengan pohon sawo manila. Jangan membuang biji sawo kecik setelah memakan buahnya. Biji sawo kecik dapat digunakan untuk mainan anak seperti bola bekel atau biji congklak.

Wah, ternyata sangat banyak manfaat sawo kecik untuk kehidupan manusia ya! Buah yang bernama latin Manilkara Kauki ini memiliki manfaat dari buah, daun, kayu, hingga bijinya. Sayangnya, pohon sawo kecik sudah susah dijumpai di nusantara ini.

Artikel sebelumnya:
 Cara membuat manisan pepaya
 Buah salak dan mafaatnya
Advertisement
MANFAAT SAWO KECIK | Najla Alliya | 5