Mengenal Buah Sawo Duren, Apaan Tuh?

Buah sawo duren berbentuk bulat dan mengkilat. Warna sawo duren agak berbeda dengan kebanyakan sawo yang berwarna cokelat. Biasanya, warna sawo duren hijau kemerahan. Tetapi ada juga yang berwarna hijau keunguan. Daging buahnya berwarna putih kemerahan atau keunguan, dan memiliki biji berwarna hitam. Rasanya manis dan kandungan airnya banyak.

Apakah Anda tahu kenapa buah ini disebut sawo duren? Kulitnya tidak berduri. Rasanya juga sangat berbeda dengan rasa buah durian. Buah ini dinamai sawo durian karena aroma atau bau buah ini tercium seperti buah durian!

Mengenal Buah Sawo Duren
Sawo Duren (Wikipedia.org)
Karena rasanya yang enak, buah sawo duren sering dikonsumsi sebagai bahan baku es krim. Sepertihalnya sawo kecik, baca post manfaat sawo kecik, sawo duren pun tidak kalah memiliki khasiat untuk kesehatan. Manfaat buah sawo duren antara lain terdapat pada daunnya. Rebusan daun sawo duren berkhasiat menyembuhkan penyakit diabetes dan rematik.

Selaiin itu, sawo duren mengandung antioksidan alami. Menurut penelitian, sawo duren memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Banyak produk kecantikan yang kerap menawarkan produk yang mengandung antioksidan yang membuat penggunanya terlihat awet muda.

Sawo duren merupakan sumber serat yang dapat membantu mengatasi sembelit. Seratnya juga membantu melindungi selaput lendir usus besar dari racun penyebab kanker. Sawo duren juga mengandung banyak vitamin A yang sangat baik untuk merawat kesehatan mata.

Konon kulit kayu sawo duren dapat digunakan sebagai obat kuat dan obat batuk. Kayunya cukup baik sebagai bahan bangunan. Cabangnya yang tua dapat dimanfaatkan sebagai media tanaman anggrek. Pohonnya dapat menjadi tanaman hias dan peneduh di tepi jalan.

Buah Sawo Duren
Sawo Duren (Wikipedia.org)
Sayangnya, sawo duren belum dikomersilkan secara luas. Alasannya, harga sawo duren tidak setinggi buah lainnya. Buah sawo duren tidak ekonimis sehingga tidak dibudidayakan secara serius. Selain itu, buah sawo duren hanya berbuah setelah pohonnya berusia lima sampai enam tahun, serta termasuk pohon yang berbuahnya tidak terlalu produktif.

Akibatnya, buah ini juga kurang dikenal sebagaimana jenis sawo lainnya. Pohon sawo duren juga termasuk tanaman langka sehingga sulit ditemui.