Apakah perlu Anak-anak diberi Tambahan Vitamin?

Apakah anak saya perlu vitamin jika dia makan seimbang? Pertanyaan yang sering muncul dibenak ibu-ibu yang memerlukan jawaban pasti. Anak-anak yang menjadi picky eaters atau yang tidak makan makanan yang bervariasi tetap saja dapat hidup normal. Semua vitamin dan mineral sangat penting dan mereka butuhkan. Jadi untuk sebagian besar anak-anak yang sehat dan tidak memiliki pembatasan dalam hal mengonsumsi makanan, multivitamin harian mungkin tidak diperlukan.

American Academy of Pediatrics sekarang merekomendasikan untuk memberikan suplemen vitamin D pada semua bayi, termasuk pemberian ASI atau susu botol. Fungsi Vitamin D menjaga tulang kuat dan sehat, dan memainkan peran dalam menjaga sistem kekebalan yang kuat juga.

Ada juga kelompok-kelompok tertentu dari anak-anak, seperti vegetarian dan orang-orang dengan alergi makanan yang membutuhkan diet ketat dikontrol, yang mungkin mendapat manfaat dari multivitamin sehari-hari serta nutrisi penting lainnya seperti kalsium dan zat besi, maka dari itu sangatalh perlu didiskusikan dahulu dengan dokter anak.

Satu hal yang lebih penting untuk membuat tentang vitamin: Akan menjadi racun bila dikonsumsi secara berlebihan. Banyak vitamin  yang dibentuk dan berasa seperti permen, dan bila  seorang anak yang mengonsumsi lebih dari dosis harian yang direkomendasikan dapat berbahaya bagi tubuhnya. Demi menjaga kesehatan anak-anak, usahakan penyimpanan vitamin agar tehindar dan selalu berada di luar jangkauan.

Jadi apakah anak-anak perlu diberi tambahan vitamin?  Jawaban singkatnya adalah tidak.