Diare, Pengertian, Gejala, Tanda dan Cirinya

Diare adalah salah satu penyakit yang menyerang organ pencernaan. Diare merupakan istilah suatu penyakit yang digunakan untuk menunjukkan hasil kerja usus (tinja) dengan air dan karakter yang lembut.

Dalam kebanyakan kasus, diare berlangsung selama dua atau tiga hari. Untuk pengobatan diare, secara umum, oleh obat-obatan yang dijual tanpa resep dokter.

Diare terbagi menjadi tiga kelompok: yaitu:

- Diare osmotik adalah diare yang disebabkan ada sesuatu / faktor yang menarik cairan dari tubuh ke usus. Misalnya saja disebabkan oleh makan permen karet sehingga  tidak diserap oleh tubuh dan menyebabkan sekresi tubuh cairan dalam usus.

- Diare sekretori terjadi ketika cairan tubuh disekresikan ke usus tanpa ada kebutuhan.
Diare, Pengertian, Gejala, Tanda dan Cirinya

- Diare eksudatif (diare berdarah )terjadi ketika ada darah dan nanah dalam tinja. Jenis diare muncul pada pasien dengan penyakit inflamasi usus, seperti penyakit Crohn atau ulcerative colitis / bernanah  dan berbagai infeksi usus.

Merupakan tanda atau gejala  diare yaitu mual, muntah. Dan gejala yang berhubungan dengan diare dibagi menjadi dua bagian: diare ringan dan diare akut. Ini merupakan indikasi dari munculnya diare / bukti akut adanya penyakit lain yang lebih parah dan berbahaya.

Tanda-tanda diare akut dapat meliputi:
Tonjolan di rongga perut atau kram (kolik) enteral
Kotoran lembut
tinja berair
Perut terasa melilit
Mual dan muntah
Adanya darah,
Berat badan menurun tajam
Sakit Demam

Itulah ciri, tanda dan gejala diare. Jangan anggap enteng penykit ini, segera menghubungi dokter bila sudah terkena penyakit ini.