Manfaat dari Makan Kecambah untuk Kesehatan

Kecambah adalah salah satu jenis makanan lokal yang paling bergizi dan murah. Pengertian Kecambah itu sendiri adalah makanan yang pada tahap transisi antara benih dan tanaman. Bakalan kecambah terdapat pada kacang-kacangan, biji-bijian dan biji-bijian. Kecambah menjadi sumber makanan yang sangat kaya protein, serat dan vitamin B. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari makan kecambah.

Memperbanyak nilai vitamin
Pada tunas, kandungan vitamin dalam beberapa biji, biji-bijian dan kacang-kacangan meningkat hingga 20 kali lipat. Sebagian besar vitamin seperti A, B kompleks, C dan E bisa ditingkatkan setelah tumbuh.

Sumber yang baik dari enzim
Kecambah mengandung 100 kali lebih enzim dari sayuran mentah serta buah-buahan. Enzim ini merupakan jenis khusus dari protein yang memiliki katalis seperti efek yang membantu dalam kelancaran fungsi tubuh.
Manfaat dari Makan Kecambah untuk Kesehatan

Sumber yang baik dari protein
Kecambah juga merupakan sumber yang baik dari protein, terutama untuk vegetarian yang tidak makan makanan yang kaya protein lain seperti ayam dan daging. Kecambah mengandung hingga 35 persen protein.

Mudah dicerna
Karena kandungan enzim yang tinggi, kecambah yang mudah dicerna.

Membantu penurunan berat badan
Kecambah tinggi nutrisi dan rendah kalori. Selain itu kecambah juga tinggi serat yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Sehingga hal ini dapat membantu penurunan berat badan.

Itulah manfaat dari makan kecambah untuk kesehatan. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi kecambah. Enaknya makan kecambah jiika dibuat goreng gehu alias tauge dan tahu. Bagaimana dengan Anda?