Manfaat Sehat Dibalik Lezatnya Buah Pisang

Pisang adalah buah yang kaya serat dengan sejumlah manfaat kesehatan. Pisang adalah makanan yang paling populer keempat setelah padi, gandum serta jagung. Dengan kandungan gizi yang tinggi, harga rendah dan ketersediaan mudahnya buah yang paling ideal untuk dikonsumsi harian. Berikut ini, beberapa manfaat sehat dibalik lezatnya buah pisang.

Berat badan
Penelitian menunjukkan bahwa pisang dapat benar-benar sangat cocok untuk menurunkan berat badan.. Buah ini secara alami manis. Sebuah pisang dengan ukuran enam inci memiliki kurang lebih 90 kalori, jauh dibawah kalori dalam permen. Selain itu, kandungan serat dalam buah ini dapat larut, yang menyebabkan untuk menyerap air dan memperlambat pencernaan. Pisang juga membuat Anda kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Mengatur gerakan usus yang sehat
Sebuah pisang berukuran enam inci memiliki sekitar 2,5 gram serat, yang sebagian besar tidak larut. Sebagai serat ini bergerak melalui saluran pencernaan. Dan itu akan menyapu kotorsn dan membantu mendorong keluar. Ini akan membantu untuk buang air besar secara teratur dan mudah.
Manfaat Sehat Dibalik Lezatnya Buah Pisang

Meringankan kram menstruasi
Studi menunjukkan bahwa kalium dalam pisang membantu mengurangi kram. Kram biasanya disebabkan oleh kekurangan kalium. Pisang yang sarat dengan kalium dan vitamin B6, yang membantu mengurangi segala jenis retensi air. Hal ini membantu meringankan kembung saat menstruasi.

Kesehatan mata
Pisang mengandung sejumlah kecil vitamin A yang sangat penting untuk melindungi mata dan visi. Asupan vitamin ini juga akan mengurangi risiko kebutaan malam. Sebuah pisang dengan ukuran enam inci memiliki sekitar 10 mkg vit. A, yang membantu dalam menjaga kesehatan mata.

Fungsi jantung
Pisang kaya akan potasium, elektrolit mineral. Sebuah pisang dengan ukuran enam inci memilikisekitar 360 miligram kalium untuk tubuh. Pada saat kalium ini masuk ke dalam tubuh akan diserap langsung ke dalam aliran darah. Kemudian dalam perjalanan sekitar sel-sel akan larut dalam cairan di dalam sel-sel ini.

Dengan demikian akan mempertahankan keseimbangan cairan dan membuat listrik mengalir di seluruh sistem Anda. Proses ini sangat penting untuk membuat jantung Anda berdetak. Kekurangan kalium menyebabkan jantung berdetak tidak teratur yang dapat mengancam. Oleh karena itu konsumsilah pisang secara teratur maka akan membantu menormalkan fungsi jantung.

Demikian Manfaat sehat dibalik lezatnya buah pisang. Siapa yang tidak suka buah  ini? Melihat manfaatnya mulai sekaranng yang tidak suka mesti memaksakan diri untuk mrngkonsusinya, agar sehat.