Tips Mencegah Bayi Lahir Cacat

Mayoritas cacat lahir memiliki penyebab yang tidak diketahui dan banyak yang tidak dapat dicegah. Beberapa cacat lahir bahkan dapat terjadi sebelum seorang wanita mengetahui bahwa dia hamil. Tetapi adalah mungkin bagi seorang wanita untuk meningkatkan peluang nya memiliki anak yang sehat dengan mengikuti kebiasaan sehat dan mengelola kondisi kesehatannya baik sebelum hamil dan setelah melahirkan.

Pengetahuan dan tanggung jawab adalah langkah pertama untuk mencegah cacat lahir. Berikut adalah beberapa langkah-langkah lain yang dapat Anda ikuti untuk memiliki bayi yang sehat.
.
Konsumsi 400 mikrogram (mcg) asam folat setiap hari
Asam folat membantu mencegah cacat lahir tabung saraf yang mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang. Asam folat pun bisa menurunkan risiko cacat lahir lainnya, contohnya bibir sumbing serta cacat jantung. Asam folat juga dapat mengurangi risiko preeklamsia.

Untuk sumber alami asam folat, mengkonsumsi sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan sereal. Bahkan jika Anda mengkonsumsi semua makanan ini, itu masih menguntungkan untuk mengambil suplemen asam folat juga.
Tips Mencegah Bayi Lahir Cacat

Stop merokok dan atau memakai obat-obatan terlarang
Merokok selama kehamilan dapat menyebabkan kelahiran prematur, cacat lahir seperti bibir sumbing atau langit-langit, dan bahkan kematian bayi. Bahkan perokok pasif menimbulkan risiko bagi wanita hamil dan bayinya. Mengonsumsi "narkoba" selama kehamilan dapat menyebabkan preterms kelahiran, berat lahir rendah dan cacat lahir.

Konsultasikan profesional kesehatan Anda tentang vaksinasi
Ada beberapa vaksinasi yang aman dan dianjurkan selama kehamilan. Yang dapat melindungi Anda terhadap infeksi yang menyebabkan cacat lahir. Vaksinasi yang tepat dapat meningkatkan kemungkinan Anda memiliki bayi yang sehat.

Hindari alkohol sama sekali selama kehamilan
Jika mengkonsumsi alkohol selama kehamilan, Alkohol dalam darah Anda akan diteruskan ke bayi melalui tali pusat. Tidak ada batasan alkohol yang aman dan tidak ada waktu yang aman untuk diminum selama kehamilan. Semua jenis alkohol, termasuk anggur dan bir, akan membahayakan bayi.

Konsumsi alkohol selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran, lahir mati, dan sejumlah cacat fisik, perilaku, dan intelektual permanen. Berhenti minum alkohol bila Anda mulai mencoba untuk hamil.

Melindungi diri terhadap infeksi
Beberapa infeksi selama kehamilan dapat membahayakan janin cacat lahir bayi dan menyebabkan Anda. Cegah infeksi dengan mencuci tangan

Konsultasi dengan dokter secara teratur
Ini penting bagi seorang wanita ke dokter ketika merencanakan kehamilan untuk memulai perawatan kehamilan sesegera mungkin.

Menjaga berat badan yang sehat sebelum hamil
Wanita yang memiliki indeks massa tubuh 30 atau lebih tinggi sebelum kehamilan berada pada risiko yang lebih besar untuk komplikasi kehamilan. Obesitas juga dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi.

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas dan berencana untuk hamil, konsultasikan dengan dokter Anda tentang cara-cara untuk mencapai berat badan yang sehat sebelum Anda hamil.

Itulah tips mencegah bayi lahir cacat. Biasanya memeriksakan kandungan adalah sebulan sekali. Lakukan USG agar mengetahui keadaan bayi dalam kandungan.