Ada-ada Saja yang Unik di Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya dengan beragam keunikannya. Tidak hanya adat istiadat, flora atau fauna, tetapi tingkah laku masyarakatnya pun juga ikut serta. Sesuatu yang unik dan disebut-sebut menjadi hal yang menarik bisa jadi tren di negeri ini.

Negara kepulauan ini punya ciri khas yang dibuat dari keunikannya. Suatu suguhan kultural yang apik dapat dipertahankan untuk mendukung citra Indonesia yang kuat. Namun, Penghuni Kampus harus sadar bahwa ada-ada saja hal unik yang terkadang lepas dari tangkapan mata.

Dikatakan unik karena hal-hal berikut ini hanya ada di Indonesia. Bisa jadi berbagai keuniman ini membuat Penghuni Kampus yang lagi ngantuk langsung melek dan tertawa kecil. Berikut beberapa keunikan di Indonesia yang pastinya akan susah dicari di negara lain.

Kaitkan Mistis untuk Peristiwa
Cuma di Indonesia yang setiap fenomenanya dikaitkan dengan hal mistis. Ilmu satan juga masih kental di beberapa daerah di Indonesia. Padahal, era globalisasi ini sudah menuai perkembangan yang maju serta riset dan logika mendominasi pikiran untuk menjawab setiap kejadian atau perisitiwa. Tetapi, Indonesia masih saja percaya dengan mitos maupun legenda yang erat sekali dengan kemistisan.

Makan Mi dengan Nasi
Penghuni Kampus pasti pernah melakukan hal ini: menjadikan mi sebagai lauk. Padahal di negara-negara lain, mi menjadi pengganti nasi yang makannya dicampur sayuran ataupun daging. Orang Indonesia memang sulit lepas dari nasi. Bahkan banyak masyarakatnya yang belum merasa sudah makan kalau belum menyantap nasi. Padahal, dia sudah malan mi ayam, bakso, hingga camilan-camilan. Aduh gawat juga kan kalo tiap hari mi dijadikan lauk. Soalnya, mi dengan nasi itu kan sama-sama karbohidrat.

Latah Fenomena Asing
Latah merupakan penyakit saraf yang gejalanya muncul ketika seseorang dikageti hingga tanpa sadar suka mengulangi perkataan atau gerakan orang lain. Hanya saja, latah yang merebak di Indonesia bukan cuma penyakit saraf. Bangsa ini sering latah atau ikut-ikutan dengan kebiasaan bangsa lain. Contohnya saat di luar negeri lagi tren jenis busana tertentu, masyarakat Indonesia pasti mencoba mengikutinya, meskipun belum tentu cocok dengan keadaan di sini.

Ada-ada saja yang terdapat di Indonesia. Namun, itulah kenyataan yang sering kali tidak disadari Penghuni Kampus. Bagaimanapun juga, ada baiknya hal-hal tanpa dasar tersebut dipilah-pilih supaya tidak menghalangi bangsa ini untuk berkembang.

*Penulis adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Bunda Mulia, Jakarta.

Editor: Teodora Nirmala Fau
- See more at: http://ipk.sinarharapan.co/ipk/read/150815062/ada-ada-saja-yang-unik-di-indonesia#sthash.ubhRxCKx.dpuf