Astaga, Ternyata Dulu Warna Wortel Bukan Oranye, Lho!

Tahukah Anda? Konon dahulu warna wortel tidaklah oranye seperti sekarang ini. Hadirnya pigmen oranye pada wortel saat ini nyatanya hasil persilangan dari dua varietas wortel dengan warna tidak sama. Kisahnya bermula dari era 17 waktu pemerintahan Belanda dipegang oleh keluarga Willliam I.

Pihak keluarga pemerintahan Belanda saat itu miliki warna favorite oranye. Oleh karenanya, keluarga penguasa mau segalanya di beri aksen warna ini. Berdirilah House of Orange-Nassau yang mengakomodasi hal itu. Satu diantara yang diwujudkan yaitu merubah sebagian sayuran jadi oranye serta diterapkanlah pada wortel.


Wortel oranye yang gampang diketemukan di pasar tradisional serta moderen dulunya hasil persilangan dari wortel warna putih serta ungu. Hasil dari persilangan itu lantas selalu dikembangbiakkan. Sayuran bernama ilmiah Daucus carota itu lalu dibawa ke Inggris serta setelah itu semakin tenar ke semua dunia.

Kebalikannya, saat ini sulit diketemukan wortel yang miliki warna ungu serta putih. Bila ada wortel yang masihlah ada dalam warna aslinya, jadi diprediksikan harga nya melambung tinggi. Warna putih serta ungu yaitu varietas asli dari wortel serta hingga saat ini belum diketemukan ada pihak yang coba membudidayakannya kembali.

Wortel yaitu sayuran yang di kenal miliki kandungan vitamin A begitu tinggi. Vitamin ini bermanfaat untuk melindungi kesehatan mata sampai menghindar kanker. Pigmen oranye dalam wortel berbentuk anti-oksidan yang dapat melawan radikal bebas pada badan.