BAB tidak lancar? Cek! Mungkin Ini penyebabnya

Konstipasi yaitu keadaan tak dapat buang air besar dengan teratur atau tidak lancar. Bila merasakannya, Anda umumnya bakal alami beberapa gejala spesifik. Walau tidak sering membahayakan, tetapi konstipasi begitu menganggu kenyamanan. Perut kembung serta sebah, seringkali jalan juga mesti menahan sakit.

Silahkan dicek poin-poin berikut, mungkin salah satunya termasuk penyebab konstipasi Anda.

1. Pola makan tak baik
Pola makan yang tidak baik yaitu penyebab utama konstipasi. Seperti rendah serat, gorengan, gula tinggi, makanan instan beku, susu terlalu berlebih, serta lain sebagainya contoh makanan yg tidak disarankan supaya terlepas dari konstipasi.

2. Dehidrasi
Bila tak cukup air untuk buang kotoran didalam usus, itu sama juga dengan coba mendorong bongkahan tanah atau semen keluar dari pipa. Hal semacam ini pasti susah dikerjakan. Air menolong sistem BAB lebih lancar, lantaran manusia 75 prosentasenya terbagi dalam air.


3. White coffee
White coffee bisa menyebabkan gerak otot pencernaan. Minum kopi sangat banyak bisa bikin Anda dehidrasi yang pada akhirnya berbuntut sembelit. (baca juga, 5 cara agar bab anda lancar tanpa sembelit)

4. Mengkonsumsi Obat-obatan tertentu
Opiat, narkotika, obat pembasmi rasa sakit seperti aspirin serta ibuprofen, antidepresan, obat-obatan tekanan darah tinggi, diuretik, antasida serta suplemen zat besi serta kalsium dapat jadi penyebabnya sembelit. Senantiasa berkonsultasi dengan dokter Anda, bila Anda mempunyai permasalahan dengan sembelit serta obat resep. Bila Anda menginginkan konsumsi obat atau suplemen yang di jual bebas, tanyakan terlebih dahulu dengan dokter.

5. Kerap menunda BAB
Janganlah malu untuk BAB di toilet umum bila sangat terpaksa daripada mesti menahannya. Kebanyakan orang pernah mengerjakannya.

6. Kurang kesibukan fisik olahraga
Berolahraga baik untuk otot, baik yang diluar ataupun didalam. Gerak fisik menolong merangsang kontraksi alami otot pencernaan yang bertugas mendorong kotoran ke luar dari badan.

7. Sebagian penyakit tertentu
Hipotiroid, diabetes, depresi, radang usus, masalah saraf degeneratif serta masalah autoimun dapat didahului dengan tanda-tanda konstipasi.

Memperbanyak mengkonsumsi serat alami dari sayur serta buah, minum air putih yang cukup serta teratur olahraga yaitu langkah paling ampuh menghindar serta menangani konstipasi.