5 Cara Agar Buang Air Besar Lebih Mudah Tanpa Sembelit

Sembelit, atau sulit buang air besar (BAB) bisa bikin perut merasa tak nyaman. Bila Anda tak dapat BAB lebih dari tiga hari, ini artinya ada suatu hal yang salah dalam pencernaan Anda. Sebaiknya mesti cepat diatasi lantaran di kuatirkan dapat menyebabkan penyakit yang serius.

Apa yang dapat dikerjakan saat sembelit menimpa? Spesialis kesehatan pencernaan Maged Rizk, M. D., dari Cleveland Clinic, Ohio, Amerika Serikat merekomendasikan untuk merubah pola hidup Anda terlebih dulu sebelumnya pergi ke dokter atau minum obat pencahar.

Ini lima langkah yang dapat dikerjakan untuk menangani BAB yang tidak lancar.

1. Minum Air Putih
Dehidrasi adalah satu diantara penyebabnya paling utama sembelit. Maged menjelaskan saat konsumsi cairan telah terpenuhi, badan tak perlu menghemat air supaya organ-organ dalam berperan dengan benar. Demikian sebaliknya bila badan dehidrasi atau kekurangan cairan, bakal menyebabkan penyerapan air pada usus besar serta menyebabkan faeces yang keras serta kering. Anda dianjurkan minum sekurang-kurangnya delapan gelas air putih /hari, serta dapat jadi lebih banyak lagi apabila aktivitas fisik cukup intens.




2. Lebih Banyak Bergerak
Bila minum air putih tak juga menangani sembelit, bisa jadi lantaran pola hidup Anda yang kurang banyak gerak. Coba jogging, lari-lari kecil, berdansa atau senam aerobik. Banyak bergerak bakal menggoyangkan perut serta usus, serta itu dapat beresiko positif dan efektif menangani sembelit.

3. Memperbanyak Mengkonsumsi Serat
Untuk memperlancar BAB, konsumsi serat sekitar 25 sampai 50 gr satu hari. Serat dapat Anda peroleh dari roti gandum utuh, bijirin gandum, buah-buahan serta sayuran. Serat bermanfaat melunakkan faeces yang keras, padat serta kering. Disamping makanan memiliki serat Anda dapat juga makan yoghurt yang memiliki kandungan probiotik.

4. Posisi Waktu Duduk di Toilet
Nyatanya, duduk toilet juga ada tekniknya supaya Anda dapat lancar BAB. Seperti diambil dari Med Umich, duduk di toilet dengan mengarahkan badan ke depan. Istirahatkan lengan di paha serta sedikit angkat tumit kaki. Alternatif lain, tujukan tubuh ke depan dengan memegang pergelangan kaki. Tehnik ini bakal bikin dampak gravitasi, hingga faeces lebih cepat turun ke bawah.

5. Waktu BAB
Umumnya saat paling baik untuk BAB yaitu 1/2 jam atau 1 jam sesudah sarapan. Tetapi dapat tidak sama pada setiap orang, serta untuk sebagian orang 1/2 sampai 1 jam sesudah makan siang. Saat ini paling baik lantaran memakai refleks gastro-colic, yakni waktu saluran usus tengah aktif atau ada stimulasi gerak usus yang berlangsung dengan makan. Upayakan makan secara teratur pada pukul yang sama supaya BAB juga lebih teratur.

Demikian semoga bermanfaat5 cara agar BAB Anda bisa lancar. Baca juga, 6 cara alami mengatasi sembelit.