9 Manfaat Tanaman Binahong Untuk Kesehatan

Di Indonesia, tanaman binahong mungkin saja belum sangat di kenal, namun sesungguhnya tanaman ini telah lama ada di Indonesia. Tanaman Binahong (bhs Latin : Bassela rubra linn, bhs Inggris : Heartleaf maderavine madevine, bhs Tionghoa : Deng san chi) adalah tanaman herbal yang dapat tumbuh di dataran rendah ataupun dataran tinggi.

Tanaman Binahong konon datang dari Korea, serta banyak dikomsumsi oleh masyarakat Vietnam ketika berlangsung perang melawan Amerika Serikat pada th. 1950 sampai 1970-an. Tanaman Binahong umumnya tumbuh menyebar serta penjalarannya dapat tumbuh hingga 5 mtr.. Batangnya lunak berupa silindris, berdaun tunggal serta mempunyai tangkai pendek. Daun Binahong mempunyai panjang 5 – 10 cm serta lebar 3 – 7 cm.

Manfaat tanaman binahong didapat karena, berdasar pada riset, daun Binahong mengandung senyawa aktif flavonoid, saponin, serta terpenoid. Flavonoid ini berperan sebagai antibiotik dengan mengganggu manfaat mikroorganisme berbentuk bakteri serta virus. Senyawa terpenoid menolong badan dalam sistem sintesa organik serta pemulihan beberapa sel badan..


Inilah manfaat hebat dari tanaman binahong

  1. Menyingkirkan jerawat di wajah dengan penggunaan seperti masker
  2. Turunkan panas tinggi pada bayi, Bila bayi Anda tengah panas tinggi, anda dapat bikin ramuan dengan menumbuk halus daun binahong lantas memoleskan ke semua badan.
  3. Menyembuhkan memar, pegal-pegal, gatal-gatal, luka bakar, rematik, pegel linu, serta nyeri urat. Langkahnya dengan menumbuk daun serta batang hingga halus lalu memoleskannya di bagian yang sakit.
  4. Menyembuhkan sakit gigi, Umbi binahong atau akarnya, bisa anda pakai untuk menyembuhkan sakit gigi, lewat cara meneteskan air hasil perasan umbi atau akar binahong.
  5. Pemulihan Luka selesai operasi serta khitan, Sebagai obat luar, Anda bisa memoleskan daun binahong di bagian badan akibat operasi. Umpamanya akibat melahirkan serta khitan.
  6. Mengobati luka sisa operasi, maag, serta tifus, Untuk memberi stamina, Anda bisa memakai umbi binahong seperlunya. Lalu dicuci bersih, di rebus, serta disaring airnya. Diminum 2 – 3 kali sehari-hari.
  7. Menghindar serta menangani kanker, diabetes, cholesterol, Langkahnya dengan mengambil 30 gr daun binahong kering, lalu merebusnya dalam 1 liter air. Didihkan sampai tersisa 600 ml air. Air rebusan itu diminum 3 kali satu hari, dengan ukuran semasing sejumlah 200 ml.
  8. Mengobati disentri serta menghindar stroke, asam urat, serta sakit pinggang, langkahnya dengan mengambil umbi binahong sejumlah 3 potong, dicuci bersih, di rebus dengan 5 gelas air, serta disaring. Akhirnya diminum 2 sampai 3 satu hari.
  9. Melindungi vitalitas badan, Untuk melindungi vitalitas serta kesehatan badan, rebus umbi binahong dengan 5 gelas air. Lalu disaring. Bila Anda bakal meminumnya, dapat anda berikan telur serta madu.

Daun binahong dengan cara riil telah dapat dibuktikan mempunyai manfaat yang mengagumkan, serta dapat anda gunakan seutuhnya untuk melindungi kesehatan anda. Untuk anda yang sudah tahu demikian besar khasiat daun binahong, awalilah menanam binahong di pekarangan rumah Anda.

Itulah info mengenai Manfaat Tanaman Binahong Untuk Kesehatan, mudah-mudahan berguna. [1001 cara membuat ramuan daun binahong untuk 1001 jenis penyakit]