Manfaat Jeruk Kingkit untuk Batuk dan Diare

Sebelum mengetahui manfaat jeruk kingkit, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu jeruk kingkit. Jeruk kingkit sepertinya sedikit orang yang mengetahuinya, karena jeruk yang lebih dikenal sebagai tanaman hias, sangat jarang disebut.

Jeruk kingkit (Triphasia trifolia p.Wills) memiliki nama daerah Liman kiah; Liman kunci; Kalijage; Jheruk rante.

Manfaat Jeruk Kingkit untuk Batuk dan Diare

Jeruk ini biasa tumbuh di pekarangan rumah dan di ladang pada ketinggian 1-500 m dpl. Perdu tegak, lemah, tinggi 1,5-2,5 m ranting pada ujung membengkok kesana-kemari, duri dua dua terkumpul dalam ketiak daun. Daun menjari berbilangan 3, anak daun oval dengan ujung melekuk ke dalam, ukuran 1,5-4,5 kali 1-3 meter. Bunga terkumpul 1-4 dalam ketiak daun bermahkota 3 lembar berwarna putih, panjang 12-16 mm, berwarna merah, daging buah berupa cairan yang lekat.

Sepertinya hanya sedikit yang mengetahui bahwa buah jeruk kingkit juga memiliki khasiat untuk kesehatan.

Manfaat Jeruk Kingkit untuk Batuk dan Diare

Kandungan berkhasiat dalam jeruk kingkit seperti linalool (jenis alkohol alami dengan manfaat antiseptik, antijamur, penenang) dan limonene (zat aromatik dan peluruh dahak) membuat keluhan batuk Anda akan hilang secara berangsur-angsur. Tak lupa hindari konsumsi makanan berminyak.

Anda dapat mencoba resep untuk mengatasi batuk dengan bahan jeruk kingkit. Caranya sederhana. Ambil segenggam jeruk kingkit yang sudah matang dengan ciri warna merah tua. Bersihkan sebelum diolah , lalu tuangkan 1 gelas air panas dan masukkan jeruk kingkit ke dalamnya. Biarkan sekitar 5-10 menit. Campurkan madu murni jika ingin rasa manis alami. Bagi penderita kencing manis, konsumsilah tanpa pemanis madu atau gula.

Sedangkan resep alami untuk mengatasi diare dengan menggunakan bahan herbal jeruk kingkit sbb. Sediakan daun jeruk kikit 7 lembar; Air 110 ml, Direbus sampai mendidih selama 15 menit, Diminum 3-4 kali sehari.

2 Responses to "Manfaat Jeruk Kingkit untuk Batuk dan Diare"

  1. Bagus jeruk kingkit ini untuk menyembuhkan batuk.

    BalasHapus
  2. saya tidak tahu, apakah jeruk kingkit bisa menyembuhkan penyakit batuk saya atau tidak,saya coba dulu, sebab saya coba makan 1 biji, rasanya getir, hampir mau muntah,tetapi saya akan coba makan pakai air yang didalamnya ada jeruk kingkityang sudah direndam dengan air panas, rasanya gimana yah!

    BalasHapus