Cara membuat manisan buah malaka

Cara membuat manisan buah malaka. Buah Malaka dikenal juga dengan nama melaka, amla, amlaki, ammalaki, amala, nillika, nellikya, nellikai. Dan dalam bahasa Inggris Buah Malaka disebut dengan nama Indian gooseberry.

Menurut Para pakar di Malaysia memperkirakan bahwa nama pohon malakalah yang menjadi asal muasal terjadinya nama Kota Melaka, dan belakangan disebut menjdi nama selat, yaitu Selat Malaka.

Bagian dari tumbuhan malaka biasa dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional. Bagian-bagian tumbuhan malaka ini yaitu bagian akar, daun, bunga, buah, dan biji. Bahkan di India, buah malaka menjadi salah satu unsur penting dalam pengobatan Ayurveda.

Kandungan Buah Malaka. Buah ini mengandung banyak vitamin C, dan tanin. Dan ekstrak buah malaka dapat digunakan sebagai bahan pewarna tradisional.

Buah Malaka Cara membuat manisan buah malaka

Cara membuat manisan buah malaka

Buah Malaka dapat dibuat sebagai manisan yang rasanya sangat enak di lidah. Manisan Buah Malaka sangat lezat. Manis segar. Dan sangat layak untuk dijadikan suguhan untuk tamu. Berikut ini cara membuat manisan buah malaka. (Credit for langsungenak.com/baca/2009/09/26/manisan-buah-malaka.html)

BAHAN:
2 kg buah malaka
1 1/2 kg gula pasir
1 lt air
1 sdm kapur sirih

CARA MEMBUAT:

  • Rendam kapur sirih dengan 2 lt air, biarkan mengendap, gunakan air bagian atas yang bening.
  • Iris tipis bagian pangkal buah malaka, agar air kapur sirih dapat meresap ke dalamnya.
  • Rendam buah malaka dengan air kapur sirih sedikitnya 2 jam. Cuci.
  • Didihkan air, blanching buah malaka sesaat, tiriskan.
  • Masak 500 gr gula dengan 1 lt air hingga mendidih, matikan api.
  • Masukkan buah malaka saat air gula masih panas. Biarkan terendam sehari. Tiriskan.
  • Didihkan kembali air gula, tambahkan 500 gr gula dan biarkan mendidih lagi hingga beberapa saat. Matikan api. Kembali masukkan buah malaka saat air gula masih panas. Rendam sehari.
  • Lakukan proses yang sama sekali lagi. Tiriskan.
  • Siapkan tampah atau loyang datar tipis yang bersih, jemur buah malaka di panas matahari sekitar 2 hari. Sajikan.


TIPS & TRIK:

  • Teknik serapan air kapur yang aku gunakan memang beda dengan orang lain. Orang lain sering menyarankan buah malaka digelindingkan di atas parutan kelapa sambil ditekan agar ada jalan masuk bagi air kapur sirihnya. Dengan teknik tersebut hasilnya jelek. Kulit buah malaka jadi tidak mulus. Sudah aku coba kok.
  • Saat menjemur, jangan terlalu kering tapi juga hindari terlalu basah. Tandanya gini deh: manisan sudah tidak terlalu lekat lagi kalau dipegang dengan tangan. Ya itu tadi, kira-kira 2 hari saat panas terik lah. Kalau masih kurang kering, tambahkan sehari lagi boleh. Cuma ati-ati ya, jangan terlalu kekeringan, ntar jadi kayak kismis.
  • Btw, kalau membaca teknik membuatnya seolah ribet banget, padahal kalau pas praktek simple banget.
Baiklah, itulah cara membuat manisan buah malaka. Yang pastinya sajian manisan Buah Malaka juga sangat tepat untuk disajikan sebagai menu buka puasa.

2 Responses to "Cara membuat manisan buah malaka"