Seabrek Manfaat Buah Nangka

Manfaat Buah Nangka. Pohon nangka yang memiiliki nama ilmiah Artocarpus heterophyllus ini termasuk ke dalam suku Moraceae. Jackfruit adalah nama nangka yang dikenal dalam bahasa Inggris.

Manfaat buah nangka terutama untuk dipanen buahnya. "Daging buah" yang matang kerapkali dimakan dalam keadaan segar, atau dapat pula dijadikan sebagai campuran dalam es, bisa juga dijadikan jus dengan cara dihaluskan atau diblender. Manfaat buah nangka lainnya yaitu diolah menjadi aneka jenis makanan khas daerah seperti dodol nangka, selai nangka, kolak nangka, keripik nangka, nangka-goreng-tepung, dan sebagainya.

Buah Nangka juga dapat dimanfaatkan untuk pengharum es krim dan minumnan, dijadikan madu-nangka, konsentrat atau tepung. Sedangkan biji dari buah nangka nangka, yang banyak dikenal dengan nama "beton", bisa direbus dan dijadikan makanan. Biji nangka sebagai sumber karbohidrat tambahan.

Buah nangka yang masih muda dapat dibuat untuk bahan sayuran. Di Minangkabau, Sumatra dikenal masakan gulai nangka. Buah nangka muda di Jawa Barat biasa dimanfaatkan untuk dimasak sebagai bahan sayur asam. Di Jawa Tengah banyak dikenal aneka masakan yang berbahan dasar buah nangka muda, seperti sayur megana, sayur lodeh, oseng-oseng gori, dan jangan gori (sayur nangka muda). Gudeg adalah masakan yang terbuat dari nangka muda yang terkenal dari Jogyakarta.

Manfaat Buah Nangka
Banyak ternak seperti kambing, domba, dan sapi sangat menyukai daun nangka. Getah nangka biasa dimanfaatkan sebagai campuran untuk perangkap burung, juga bisa digunakan untuk menambal perahu, dan lain-lain.

Kayu pohon nangka yang berwarna kuning, memiliki kualitas sangat baik dan mudah dikerjakan. Kayu pohon nangka cukup kuat, awet serta tahan terhadap serangan rayap dan jamur. Selain itu kayu pohon nangka mempunyai pola yang menarik, mudah mengkilap jika diserut halus dan digosok oleh minyak. Oleh sebab itu kayu nangka biasa dijadikan sebagai perkakas rumah tangga, seperti mebel, konstruksi bangunan, konstruksi kapal hingga alat musik. Dari kayunya juga dihasilkan bahan pewarna kuning untuk mewarnai jubah para pendeta Buddha. Reff: Wikpedia.

Itulah sekilas manfaat buah nangka. Tidak hanya buahnya, bahkan hampir secara keseluruhan pohon nangka ini memiliki segudang manfaat.

8 Responses to "Seabrek Manfaat Buah Nangka"

  1. begitupun buah kelapa yang mamfaatnya Seabreg,sampai Batoknya dijadikan Perlengkapan untuk MengemiS

    BalasHapus
  2. Daun Nangka untuk mahkota daun, pernah ada anak SD minta di tempatku, juga buat pembungkus kue.....hhehehe

    BalasHapus
  3. wah selain enak buah nangke juga ternya banyak manfaatnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak, itulah mengapa sy jd suka yang namanya buah nangka :)

      Hapus