Mangga Lalijiwa, Jenis Mangga Apaan Ya?

Mangga Lalijiwa jarang akrab di telinga. Nama mangga lalijiwa sepertinya terdengar aneh dan sngar ya? Tapi apakah mangga ini? Yuk, Ikuti penulusurannya berikut.

Mangga lalijiwa, merupakan sejenis pohon mangga. Nama ilmiahnya mangga lalijiwa ini adalah Mangifera lalijiwa. Mangga yang termasuk ke dalam suku Anacardiaceae ini mempunyai penyebaran yang memang terbatas (endemik) yaitu hanya di sekitar wilayah Semarang sampai Yogyakarta, bahkan kini populasinya diperkirakan terancam oleh hilangnya habitat.

Mangga Lalijiwa

Lali, dalam bahasa jawa artinya lupa mungkin inilah yang menyebabkan nama mangga yang satu ini disebut mangga lalijiwa. Konon katanya siapa saja yang memakan mangga ini akan lupa jiwa atau dirinya. Entah benar atau tidak, saya sendiri pun belum pernah merasakan buah ini.

Pohon Mangga Lalijiwa memiliki ciri daunnya berwarna hijau tua, berbentuk lonjong dan ujung daunya runcing. Sedangkan berat buahnya dapat mencapai 200 gram perbuah, dengan panjang sekitar 7 cm. Bentuk Buh Mangga Lalijiwa ini bulat dan ujungnya sedikit berparuh,  bila sudah masak warnanya hijau tua sedangkan warna dagingnya kuning tua dan memiliki sedikit air, aromanya memang kurang harum, tapi memiliki rasa yang manis dan lezat.