Manfaat Buah Nona

Manfaat Buah Nona. Buah Nona dengan nama sains Annona squamosa, dikenal juga dengan nama buah srikaya. Buah Nona memiliki banyak biji dengan bentuk bulat serta kulit bermata banyak (seperti sirsak). Daging buah nona berasa manis dan berwarna putih.

Manfaat Buah Nona

Buah Nona termasuk tanaman semak semi-hijau abadi. Pohon buah nona memiliki ciri-ciri sebagai berikut, pohonnya meranggas dan dapat mencapai tinggi hingga 8 m. Mempunyai daun berselang, dengan panjang rata-rata 7-12 cm, dan lebarnya sekitar 3-4 cm. Bunga muncul dalam tandan sebanyak 3-4, tiap bunga memiliki lebar sekitar 2-3 cm, dengan enam daun bunga/kelopak, kuning-hijau berbintik ungu di dasarnya.

Manfaat buah nona terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Buah Nona disebut juga sebagai custard apel atau sugar apple oleh para pelaut Inggris.

Buah nona mengandung antioksidan, seperti vitamin C. Kandungan antioksidan ini dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Seperti dikutip dari laman Times of India, selain kandungan antioksidan, buah nona juga mengandung kalium tinggi dan magnesium yang bermanfaat dapat melindungi kita dari serangan penyakit jantung.

Buah Nona juga mengandung vitamin A yang dapat bermanfaat untuk menjaga kulit, kesehatan rambut, serta meningkatkan fungsi mata. Untuk itu, bila Anda ingin mempercantik kulit secara alami, anda dapat mengkonsumsi buah nona secara rutin.

Tak cuma itu, manfaat buah nona lainnya yaitu dapat mengontrol tekanan darah, membantu menormalkan fungsi pencernaan, menyembuhkan sembelit, serta dapat mengobati diare dan disentri.

Itulah mengapa, Anda mesti menyertakan buah nona ini dalam diet harian Anda. Kandungan magnesium yang tinggi dalam buah nona, bermanfaat untuk menyeimbangkan air dalam tubuh, mengurangi gejala rematik serta radang sendi dan membantu menghilangkan asam dari sendi. Jika Anda acapkali mengalami kelelahan yang berlebihan, Anda bisa mengonsumsi buah nona, kalium yang terkandung di dalam buah nona bisa membantu melawan kelemahan otot. Semoga informasi manfaat buah nona ini berguna bagi anda.