MANFAAT BUAH PIR UNTUK KESEHATAN

Buah pir merupakan salah satu keluarga Pyrus, yakni tanaman yang mudah tumbuh di berbagai belahan dunia. Karena rasanya enak dan menyegarkan buah pir kini menjadi makanan favorit di kalangan masyarkat. Tapi tak hanya enak, manfaat buah pir untuk kesehatan juga sangat banyak loh jika di telusuri dengan seksama. Manfaat buah pir untuk kesehatan diperoleh dari berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Jadi, untuk memperoleh manfaat buah pir untuk kesehatan anda di tuntut untuk mengkonsumsinya secara rutin, bisa dengan memakannya secara langsung ataupun dengan mengolahnya menjadi jus, wihh pasti sangat segar rasanya hehhee... :)

Mungkin masih banyak yang tidak tahu mengenai apa saja manfaat buah pir untuk kesehatan? terutama pada masyarakat dari kalangan ekonomi rendah yang tidak mempunyai akses untuk memperoleh info-info kesehatan.

Walaupun mirip bahkan masih satu keluarga dengan apel (baca, khasiat dan manfaat apel), buah pir memiliki kandungan serat yang lebih banyak dibandingkan buah apel. Jika dalam satu buah apel mengandung 3 gr serat, buah pir bisa mengandung 2 kali lipatnya atau sebesar 6 gr. Ini menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi satu buah pir tiap harinya akan memenuhi 20% asupan serat yang disarankan. Serat yang ada dalam buah pir ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

buah pir khasiat dan manfaat buah pir bagi kesehatan
Dengan mengkonsumsi buah pir secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh, bahkan penelitian terakhir menunjukkan bahwa pir dapat mengurangi resiko stroke bahkan hingga 50%. Selain itu, buah pir juga bebas dari lemak, kolesterol, sodium, namun kaya akan vitamin C dan kromium. Baca juga, manfaat buah durian untuk kesehatan.

Manfaat buah pir untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Buah pir hanya mengandung kalori sebesar 100 gr perbuahnya. Ini artinya, buah ini sangat baik di konsumsi bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes dan hypoglicemics. Karena kadar indeks glikemiknya rendah sehingga gula yang terkandung di dalamnya akan diserap tubuh secara perlahan sehingga menjaga level gula darah agar tetap stabil. Buah pir juga kaya pektin, yaitu serat diet yang mudah larut dan katanya mampu menurunkan kolesterol dan meregulasi gerakan usus besar. Karena hal itu, pir sangat baik di konsumsi bagi mereka yang memiliki masalah konstipasi.

Manfaat buah pir untuk kesehatan yang paling besar terletak pada kulitnya. Untuk itulah sebaiknya konsumsi buah pir bersamaan dengan kulitnya agar mendapatkan semua manfaat buah pir untuk kesehatan secara utuh. Buah pir juga baik di konsumsi bagi ibu hamil karena mengandung folat yang dapat mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat. Baca juga, manfaat buah durian untuk ibu hamil.

Saat anda hendak membeli buah pir, pilihlah buah pir yang tidak memar, tidak tepotong, warnanya kecoklatan atau yang terlihat masih muda. Jika sudah matang, pir akan terasa sangat lembut ketika di tekan dengan jari. Namun, jika anda membeli buah pir dengan niat untuk mengkonsumsinya beberapa hari lagi, ada baiknya anda memilih buah pir yang masih keras agar bisa tahan lama. Jika ingin mempercepat kematangan buah pir, cukup dengan menaruh buah apel di sampingnya. Buah apel melepaskan gas etilen ke udara sehingga membuat buah-buah lain yang ada di dekatnya menjadi cepat matang. Konsumsilah buah pir yang matang untuk mendapatkan efek antioksidan terbaik.

Nah, itu tadi beberapa manfaat buah pir untuk kesehatan. Semoga pembahasan mengenai manfaat buah pir untuk kesehatan ini dapat berguna bagi para pembaca tentunya.